Jakarta (ANTARA News) - Direktur Utama PT Bank Mandiri Tbk Budi G Sadikin menyatakan perkembangan perdagangan online memerlukan dukungan sistem pembayaran atau transaksi yang lebih baik.

"Sistem perdagangan atau belanja online makin berkembang, sekarang ada Lazada, Zalora dan lainnya di mana pembayarannya tidak bisa cash (tunai)," kata Budi ketika membuka Media Gathering di Jakata, Kamis.

Ia menyebutkan pembayaran dalam perdagangan online itu harus melalui sistem pembayaran tersendiri.

"Perkembangan dalam sistem perdagangan juga harus diikuti dengan sistem pembayaran yang memanfaatkan kemajuan teknologi," katanya.

Ia menyebutkan Bank Mandiri berupaya terus mengembangkan sistem pembayaran demi mengimbangi kemajuan dalam belanjan dalam sistem itu.

"Selain toko fisik, sekarang banyak toko virtual seperti Tokopedia, Lazada, Zalora dan lainnya," kata Budi.

Menurut dia, perbankan harus memikirkan cara melayani transaksi pembayaran yang lebih baik dan menangani keluhan, serta lainnya.

Ia menyebutkan, jika dulu Bank Mandiri hanya menerima keluhan terkait pembayaran belanja online sebanyak 200 buah, saat ini sudah meningkat menjadi sekitar 1.500 per bulan.

"Harus dipikirkan bagaimana menangani komplain, mungkin Call 14.000 harus dikembangkan ke SMS dan Twitter," katanya.

Menurut Budi, yang juga harus diperhatikan perbankan saat ini adalah kebutuhan pembangunan infrastruktur yang memerlukan dukungan dana/pembiayaan besar

"Banyak kebutuhan infrastruktur sementara infrastruktur finansialnya tidak siap," tutup dia.




Pewarta: Agus Salim
Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2014