Markas PBB, New York (ANTARA News) - Misi Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) di Republik Afrika Tengah (MINUSCA) pada Rabu (10/12) mengumumkan penangkapan pemimpin gerilyawan Chad dan mantan pejabat CAR oleh pasukan Misi itu, Mahamat Abdul Kadre.

Mahamat Abdul Kadre, yang juga dikenal dengan sebutan "Baba Ladde", ditangkap pada Senin (8/12), kata juru bicara PBB Stephane Dujarric di Markas PBB, New York, seperti dilansir Kantor Berita China Xinhua.

Gerilyawan itu "berada di dalam daftar Pemerintah CAR sejak Mei 2014".

"Ini adalah yang paling akhir dari serangkaian tindakan yang dilakukan Misi tersebut dengan menggunakan mandat Tindakan Sementara Daruratnya untuk melaksanakan fungsi dasarnya dalam mendukung perang Pemerintah CAR melawan kekebalan hukum," ujarnya.

Penangkapan besar belum lama ini meliputi para pemimpin anti-Balaka yang berjuluk "Chocolat" dan John "Americain", katanya.

"Setelah penangkapan tokoh paling belakangan itu di Bambari, ada 88 petempurnya juga telah menyerahkan diri," ujar Stephane.

MINUSCA memulai operasi pada September 2014 dengan mandat yang dipusatkan pada perlindungan warga sipil dan fasilitasi proses politik, termasuk penerapak ketentuan Kesepakatan mengenai Dihentikannya Permusuhan, dan pembentukan mekanisme untuk menyelidiki pelanggaran.
(Uu.C003)

Editor: Priyambodo RH
Copyright © ANTARA 2014