Sidoarjo (ANTARA News) - Tuan rumah Jawa Timur gagal memenuhi ambisi untuk menyandingkan medali emas dari cabang voli pantai pada Pekan Olahraga Nasional (PON) Remaja I tahun 2014, setelah hanya tim putra yang merebut juara.

Pasangan putra Jatim M Vero Renal/Dani Setiawan meraih medali emas, setelah mengalahkan pasangan Bensan Ardita/Ilham Akbar (Yogyakarta) dengan dua set langsung 21-14, 21-12 pada laga final yang digelar di lapangan kompleks Stadion Gelora Delta, Sidoarjo, Jatim, Kamis.

Sementara pada tim putri, andalan tuan rumah Nur Atikasari/Nurul Cholifah harus mengakui keunggulan pasangan DKI Clara Marcela/Dewi Kusumaningrum dalam pertandingan dua set 15-21, 21-23.

"Tim putri bermain kurang tenang dan sering melakukan kesalahan sendiri, terutama pada set pertama. Kalau dari segi teknik dan kualitas, mereka tidak kalah dibanding pasangan DKI," kata pelatih tim voli pantai Jatim, Bambang Suhartawan.

Pria yang akrab disapa Wawan itu mengatakan penampilan bagus justru ditunjukkan tim putra sepanjang pertandingan, sehingga mereka mampu mendikte permainan pasangan D.I Yogyakarta.

"Vero dan Dani menjalankan strategi dengan baik. Mereka tampil tenang dan menguasai permainan," tambahnya.

Kendati gagal mengawinkan medali emas, Wawan mengaku bersyukur anak-anak asuhnya mampu memenuhi harapan untuk menyumbangkan medali emas di ajang PON Remaja pertama ini.

Sejak awal, lanjutnya, peluang terbesar untuk merebut medali emas cabang voli pantai memang ada di sektor putra, sementara di bagian putri persaingan dengan daerah lain cukup ketat dan merata.

"Kami sudah memetakan kekuatan lawan saat kejuaraan junior di Sidoarjo beberapa waktu lalu. Memang persaingan di sektor putri lebih merata dan DKI adalah salah satu tim unggulan," ujarnya.

Pewarta: Didik Kusbiantoro
Editor: Heppy Ratna Sari
Copyright © ANTARA 2014