Karawang, Jawa Barat (ANTARA News) - Wakil Presiden M. Jusuf Kalla (JK) menegaskan bahwa pemerintah akan memberikan kemudahan berinvestasi, termasuk bagi industri otomotif, asalkan perusahaan melakukan riset untuk membantu pemerintah dalam mengatasi berbagai dampak negatif yang ditimbulkan di bidang transportasi.

"Kita harap perusahaan membalasnya melalui pembayaran pajak, memperluas program CSR untuk kepentingan masyarakat dan membuat riset terkait permasalahan di bidang transportasi," kata Wapres saat meresmikan pabrik PT Astra Honda Motor (AHM) di Kawasan Industri Indotaisei, Karawang, Jawa Barat, Kamis.

"AHM sebagai suatu perusahaan yang telah bekerja sejak lama di Indonesia diharapkan dapat memberikan contoh pada dunia investasi di negara ini, selain itu diharapkan dapat memberikan kemajuan dan kesejahteraan bersama," katanya.

Wapres juga berharap perusahaan meningkatkan produksi untuk kebutuhan dalam negeri maupun diekspor.

"Meningkatkan ekspor berarti memberikan kesempatan kerja lebih besar, devisa yang lebih baik, banyak menggunakan teknologi dan tenaga kerja," kata Wapres JK.

Meski demikian, Wapres langsung mengingatkan bahwa banyaknya produksi kendaraan bermotor yang dihasilkan juga memiliki berbagai dampak negatif, seperti tingginya angka kecelakaan dan juga menimbulkan kemacetan.

Dalam kaitan inilah, Wapres mengajak industri otomotif meningkatkan tanggung jawab sosial perusahaan (CSR) dan riset untuk membantu pemerintah mengatasi masalah transportasi.

Pada kesempatan itu pula Wapres JK berkelakar mengenai merek Honda yang sudah menjadi merek dagang (trademark) sepeda motor di Indonesia.

"Kita tentu mengetahui bahwa di Indonesia, Honda menjadi trademark sepeda motor. Kalo naik Honda artinya naik motor, padahal saat itu sedang menggunakan motor dengan merek lain," kata Wapres, disambut tawa hadirin.

Hal tersebut, Wapres JK menambahkan, karena AHM telah beroperasi lebih dari 40 tahun di Indonesia.

Pabrik terbaru AHM tersebut dibangun di lahan seluas 84 hektare. Fasilitas produksi terbaru tersebut melengkapi tiga pabrik sepeda motor Honda yang sudah ada sebelumnya yang berlokasi di Sunter, Pegangsaan dan Cikarang.

Wapres M. Jusuf Kalla dalam acara itu didampingi Menteri Perindustrian Saleh Husin, Menteri Perdagangan Rahmat Gobel, Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal Franky Sibarani, dan Duta Besar Jepang untuk RI Yasuaki Tanizaki.

Pewarta: Wuryanti Puspitasari
Editor: Priyambodo RH
Copyright © ANTARA 2014