Jakarta (ANTARA News) - Youtube pada Kamis resmi meluncurkan fitur offline di Indonesia, yang memberikan keleluasaan kepada para pengguna untuk menikmati video dalam keadaan ponselnya tidak tersambung dengan jaringan internet.

Keterangan pers yang diterima ANTARA News di Jakarta, Kamis, menyebutkan bahwa Indonesia berkesempatan menjadi salah satu negara pertama yang bisa menikmati fitur offline, yang juga secara serentak diluncurkan di India dan Filipina.

Fitur offline tersebut bisa dinikmati oleh para pengguna Youtube yang mengaksesnya melalui aplikasi pada ponsel pintar bersistem operasi Android dan iOS.

Direktur Kerjasama Regional Youtube Asia-Pasifik, Ajay Vidyasagar, menyatakan bahwa kehadiran fitur offline menjadi upaya agar para penggemar laman komunitas video terpopuler di dunia yang kini menjadi bagian dari korporasi raksasa Google itu bisa mengakses tayangan-tayangan kesukaan mereka dengan mudah dan murah, khususnya di Indonesia.

"Kami sangat senang bisa meluncurkan pengalaman offline di Youtube bersama dengan pemimpin industri berita dan hiburan di Indonesia. Dengan membuat Youtube bisa diakses secara offline selama beberapa waktu, penggemar akan terhubung dengan konten-konten favorit mereka dengan lebih mudah".

"Kami berharap bisa terus mencari cara untuk membuat Youtube dapat diakses dengan lebih mudah dan murah, khususnya di Indonesia," katanya.

Fitur offline pada aplikasi Youtube dapat diaktifkan agar pengguna bisa menyimak video-video favorit tanpa menggunakan sambungan internet baik itu melalui WiFi ataupun paket data.

Para penggemar Youtube tidak perlu kerepotan untuk bisa mengaktifkan fitur offline, sebab nantinya pada sebagian besar bingkai konten video terdapat ikon offline untuk aktivasi fasilitas tersebut.

Setelah fitur offline diaktifkan, video pilihan pengguna bisa dinikmati tanpa koneksi internet hingga 48 jam terhitung sejak aktivasi ikon offline.


Pewarta: Gilang Galiarta
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2014