Surabaya (ANTARA News) - Kontingen DKI Jakarta memastikan juara umum di cabang renang Pekan Olahraga Nasional Remaja I Tahun 2014 dengan total memperoleh 14 medali emas, 13 perak, dan 4 perunggu.

Hingga perlombaan hari terakhir di Kolam Renang Kertajaya, Surabaya, Kamis malam, posisi DKI tidak terkejar oleh para pesaingnya, terutama tuan rumah Jawa Timur yang harus puas berada di urutan kedua dengan meraih 7 emas, 8 perak, dan 4 perunggu.

Selanjutnya Jawa Tengah yang mendapatkan 2 emas dan 6 perunggu menempati posisi ketiga, disusul Kalimantan Timur dengan hanya 2 medali emas.

Pada hari terakhir yang melombakan tujuh nomor final, kontingen DKI Jakarta dan Jatim sama-sama menambah tiga medali emas, serta satu emas lainnya direbut kontingen Bali.

Medali emas DKI masing-masing disumbangkan A.A Istri Kania Ratih yang turun di nomor 50 meter gaya punggung putri, Ilham Ahmad (200 meter gaya ganti perorangan putra) dan Alexander Damanik (200 meter gaya kupu-kupu putra).

Sedangkan tuan rumah Jatim menambah medali emas melalui Adinda Larasati pada nomor 200 meter gaya kupu-kupu putri dan Aaron San Wibowo yang menyabet dua emas di nomor 50 meter gaya punggung dan 50 gaya bebas putra.

Adapun kontingen Bali sukses mencuri satu emas dan mematahkan dominasi DKI maupun Jatim di final nomor 50 meter gaya bebas putri melalui perenang andalannya Ni Luh Made Citra.

"Secara keseluruhan kami cukup puas dengan prestasi yang dicapai anak-anak, karena mampu melewati target lima emas yang diberikan oleh KONI Jatim," kata Wakil Ketua Pengprov PRSI Jatim Herlambang Wijaya.

Pelatih renang Jatim Chusaini Matlik menambahkan kekuatan timnya terlalu bertumpu pada Aaron San Wibowo dan Adinda Larasati dalam perburuan medali emas, sementara perenang lainnya tampil kurang optimal.

Adinda Larasati menorehkan empat medali emas, sementara Aaron San Wibowo dengan dua emas di hari terakhir dan satu medali lainnya dihasilkan Nurita Monica.

"Kami bersyukur karena motivasi anak-anak cukup tinggi pada perlombaan hari terakhir, sehingga mampu menambah tiga medali emas," katanya.

Berikut hasil lengkap perolehan medali cabang renang:

1. DKI Jakarta 14 13 4

2. Jatim 7 8 4

3. Jateng 2 0 6

4. Kaltim 2 0 0

5. Sulsel 1 3 1

6. Jabar 1 2 5

7. Bali 1 2 3

8. Sumut 0 0 3

9. Riau 0 0 2

Pewarta: Didik Kusbiantoro
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2014