Jakarta (ANTARA News) - Provinsi Bangka Belitung yang diwakili Aleo Saputra dan Annisa Rohmah dinobatkan sebagai pemenang dalam Pemilihan Duta Wisata Indonesia 2014 ke-9 di Gedung Teater Anjungan Idrus Tintin, Kota Pekanbaru,Riau, Rabu (10/12).

Pelaksana Tugas (Plt) Gubernur Riau Arsyadjuliandi Rachman berharap pemilihan ini bisa menghasilkan generasi muda yang berpotensi.

"Kita perlu orang yang bisa mensosialisasikan dan menginformasikan bagaimana pariwisata di daerah kita. Riau saat ini memang memiliki banyak potensi pariwisata, namun masih mengalami kekurangan dalam hal infrastruktur," kata dia dalam keterangan pers yang diterima Antara, Jumat.

Arsyadjuliandi juga berjanji akan menganggarkan lebih banyak dana untuk pembangunan infrastruktur dalam mengembangkan sektor pariwisata Riau pada 2015.

Sementara itu, Ketua Asosiasi Duta Wisata Indonesia Adi Pratama Wicaksana Putra yang menjadi anggota dewan juri mengungkapkan bahwa para duta wisata ini tidak hanya sekadar mempromosikan pariwisata di Indonesia, tetapi juga menjadi inspirator untuk mengajak seluruh elemen masyarakat di Belitung mengembangkan pariwisata setempat.

"Jelang Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA) di tahun 2015, Indonesia akan dibanjiri investor dan juga pencari kerja yang melihat peluang dari Industri pariwisata. Jika tidak mempersiapkan diri dengan baik, masyarakat kita hanya akan menjadi penonton saja saat industri pariwisata telah maju dengan sokongan dana investor," kata Adi.

Dia menambahkan pemerintah perlu terus membenahi sarana dan prasarana pariwisata agar sektor tersebut dapat memberikan sumbangan lebih besar dalam meningkatkan pendapatan asli daerah.

Pemenang Pemilihan Duta Wisata Indonesia Aleo Saputra berharap pemerintah memberikan lebih banyak perhatian dan dukungan kepada para duta wisata.

"Hal penting yang perlu kita lakukan adalah meningkatkan peranan pada Duta Pariwisata dari hanya simbol menjadi ujung tombak dari industri pariwisata di setiap daerah," ujar Aleo.

Pewarta: Nanien Yuniar
Editor: Unggul Tri Ratomo
Copyright © ANTARA 2014