Jakarta (ANTARA News) - Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama mengaku bangga setelah resmi menerima baret Mabes TNI dari Panglima TNI Jenderal Moeldoko.

Selain baret, Moeldoko juga menyematkan Brevet Mitra Ketahanan Daerah kepada Basuki. Penyerahan baret dan brevet tersebut dilakukan di Mabes TNI, Cilangkap, Jakarta Timur.

"Tentunya saya mengucapkan terima kasih kepada Panglima TNI Jenderal Moeldoko karena telah menyerahkan baret dan brevet kepada saya," kata Basuki di Mabes TNI, Cilangkap, Jakarta Timur, Jumat.

Bagi pria yang sehari-harinya akrab disapa Ahok itu, mendapatkan baret Mabes TNI berwarna hitam sekaligus Brevet Mitra Ketahanan Daerah tersebut merupakan sebuah keberuntungan.

"Buat saya, baret dan brevet ini adalah hoki (keberuntungan). Saya juga belum tahu seperti apa penampilan saya dengan baret dan brevet ini, karena saya belum sempat ngaca," ujar Ahok.

Sementara itu, pada kesempatan yang sama, Moeldoko menuturkan baret dan brevet tersebut selanjutnya akan menempatkan Gubernur DKI sebagai mitra strategis dalam sistem pertahanan negara.

"Ini adalah sebuah apresiasi kepada gubernur. Kalau gubernur dan TNI punya semangat yang kuat, maka kita bisa membangun perhananan yang baik bersama-sama," tutur Moeldoko.

Lebih lanjut, dia mengungkapkan baret dan brevet tersebut dapat digunakan oleh gubernur saat mengikuti upacara militer. Kedua benda tersebut juga menunjukkan bahwa gubernur memiliki kekuatan militer di daerah.

"Jadi, kalau sewaktu-waktu terjadi sesuatu, misalnya bencana alam atau yang lain, gubernur tidak perlu segan atau malu-malu untuk minta bantuan kepada TNI. Ini kan demi kepentingan rakyat," ungkap Moeldoko. (R027)

Editor: Desy Saputra
Copyright © ANTARA 2014