Jakarta (ANTARA News) - Menteri Agraria dan Tata Ruang (ATR) Ferry Mursyidan Baldan menargetkan sertifikasi wilayah-wilayah perbatasan dan pulau-pulau terluar dapat diselesaikan pada akhir 2015.

"Batas wilayah sudah ada. Tinggal penegasan saja tentang sertifikasi wilayah perbatasan," kata Ferry usai bertemu dengan Ketua Pengarah Penilaian dan Pengkhidmatan Harta Kementerian Keuangan Malaysia Datuk Abdul Hamid, di Kantor ATR, Jakarta, Jumat.

Dalam proses sertifikasi, kata dia, Kementerian Agraria sudah memiliki batas wilayah yang jelas. Yang perlu dilakukan ke depannya adalah bagaimana melakukan pengelolaan di wilayah perbatasan.

"Batas wilayah itu sudah jelas. Yang perlu kami lakukan adalah bagaimana lakukan pengelolaan di wilayah perbatasan," ucapnya.

Menurut dia, masyarakat yang berada di perbatasan dan pulau terluar akan merasa memiliki wilayahnya, bila fasilitas dan infrastruktur disediakan oleh negara.

"Wilayah perbatasan merupakan teras negara kita. Kalau tidak ada kemudahan kepada masyarakat, maka akan terjadi pergeseran patok. Ini yang patut dijaga," kata Ferry.***1***



Pewarta: Syaiful Hakim
Editor: Desy Saputra
Copyright © ANTARA 2014