Medan (ANTARA News) - Kontingen Sumatera Utara menambah dua medali emas dari cabang olahraga pencak silat pada pertandingan hari keempat Pekan Olahraga Nasional Remaja I/2014 di Surabaya, Jawa Timur, Jumat.

Tambahan dua medali emas tersebut masing-masing disumbangkan Rizka Andini dari nomor Tanding F Putri dan Adinda Mawaddah Kelas B Putri.

Rizka menang mutlak 5-0 atas pesilat Jawa Tengah, Zidni Rahma Amay yang harus puas dengan perak dan medali perunggu kembar diraih Auliah Rizckha (Bangka Belitung) dan Nia Larasati (Sumatera Selatan).

Emas kedua pencak silat Sumut dipersembahkan Adinda Mawaddah dari nomor Tanding B Putri yang dipartai final juga menang 5-0 atas Onasis Marcelin KD (Nusa Tenggara Timur).

Medali perunggu kembar dikelas ini direbut Dinar Sellazugiwa (Banten) dan Erika Elisa Sari (DKI) Jakarta.

"Sukses Rizka dan Dinda tak terlepas dari dukungan kawan-kawan semua, dari perguruan, pelatih-pelatih kabupaten/kota, terutama pelatih mereka di PPLP Sumut," kata Ketua Pengprov IPSI Sumut Deliana

Selain dua emas pencak silat, Sumut pada hari keenam PON Remaja I ini juga meraih satu perunggu dari cabor bulutangkis melalui ganda campuran Yufi Virgyanda/Yulfira Barkah.

Kontingen Sumut dengan kekuatan 44 atlet, kini telah mengoleksi 3 medali emas, 2 perak dan 5 perunggu, sehingga masuk 10 besar perolehan medali sekaligus melampaui target pada PON Remaja I.

"Sejak awal kita sebenarnya tanpa target, karena anak-anak kita rata-rata di peringkat 3 dan 4 kejuaraan nasional kategori remaja. Namun dengan semangat bertarung mereka, kontingen kecil kita berhasil meraih banyak medali," kata Ketua Kontingen Sumut Jhon Ismadi Lubis.

Pewarta: Juraidi
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2014