masuk akal bagi orang-orang yang aktif secara fisik untuk menguji apakah vitamin C bermanfaat secara individual
Jakarta (ANTARA News) - Pasca berolahraga, Anda mengalami gangguan pernapasan seperti batuk atau radang tenggorokan? Silakan mengonsumsi Vitamin C agar meringankan gejala itu.

Sebuah studi yang dipublikasikan dalam Jurnal Allergy, Asthma & Clinical Immunology, memperlihatkan, untuk sampai pada temuan itu, para peneliti melakukan sebuah meta-analisis dari tiga studi.

Mereka menemukan bahwa vitamin C secara signifikan mengurangi udara masuk dan keluar masuk paru-paru pada penderita masalah penyempitan saluran udara setelah mereka melakukan olahraga.

Pada pederita ini, ada pengetatan di sekitar otot polos sehingga saluran udara di paru-paru menyempit.

"Tampaknya masuk akal bagi orang-orang yang aktif secara fisik untuk menguji apakah vitamin C bermanfaat secara individual," ujar Harri Hemila dari Universitas Helsinki di Finlandia.

Dalam hal ini, Hemila menganalisis sebuah studi yang melibatkan 12 orang partisipan. Para partisipan ini diketahui menderita asma, rata-rata berusia 26 tahun dan menderita bronkokonstriksi setelah melakukan olahraga .

Sementara itu, lima penelitian lain meneliti subyek dalam jangka pendek , mereka yang mengalami stres fisik. Hasil penelitian menunjukkan, vitamin C membantu meringankan gejala gangguan pernapasan .

Kemudian, percobaan lain melaporkan kalau vitamin C mengurangi gejala gangguan pernafasan pada perenang remaja laki-laki. Demikian seperti dilansir Indian Express.

Penerjemah: Lia Wanadriani Santosa
Editor: AA Ariwibowo
Copyright © ANTARA 2014