Surabaya (ANTARA News) - Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini mengharapkan Lembaga Kantor Berita Nasional (LKBN) Antara bisa menjadi media yang mengangkat nama Indonesia ke kancah dunia dengan pemberitaan positif, sehingga bisa menarik investor masuk.

"Sebagai media senior, saya berharap Antara bisa mengangkat nama Indonesia," katanya saat menghadiri acara perayaan HUT ke-77 LKBN Antara di Grha LKBN Antara, Jalan Kombes Pol M Duriyat, Surabaya, Jawa Timur, Sabtu.

Dalam acara yang juga dihadiri Wagub Jatim H Saifullah Yusuf, Ketua DPRD Surabaya Armudji, Kapolrestabes Surabaya Kombes Pol Setija Junianta, dan jajaran TNI, ia berharap di usianya yang sudah ke-77, Antara bisa menjadi media yang semakin baik dan bisa mengangkat nama Indonesia dengan berbagai macam pemberitaan positif.

"Peran media sangat besar. Dengan media, seluruh dunia bisa melihat, bahkan dengan pemberitaan pun berpotensi untuk kemajuan perekonomian di sebuah daerah," katanya.

Di negara-negara maju seperti Tiongkok ataupun Singapura, dinamika masyarakat seperti unjuk rasa juga terjadi, tapi pemberitaan dikemas dengan baik, sehingga investor pun tertarik berinvestasi.

"Bukan tidak ada demo di Singapura, Tiongkok juga ada, tapi pengemasan keluarnya baik, sehingga seolah-olah negara aman," katanya.

Ia mengaku saat awal menjadi Wali Kota Surabaya sempat merasa berat mengenalkan kota ini ke kancah nasional ataupun internasional. Namun, dengan peran media, salah satunya Antara, ia merasa saat ini lebih mudah mengenalkan kota ini.

"Saya tidak perlu kenalkan siapa saya, tapi saat saya kenalkan Surabaya berat sekali. Tapi, saat ini dengan media luar biasa," katanya.

Hal senada juga diungkapkan oleh Ketua DPRD Kota Surabaya Armuji yang juga berharap Antara lebih giat merespons berita-berita luar serta dalam negeri untuk masyarakat.

"Dengan berita benar semua bisa menginspirasi," katanya dalam perayaan HUT ke-77 LKBN Antara, selain dihadiri Wali Kota Surabaya, juga sejumlah pejabat serta relasi, termasuk pimpinan media massa.

Kegiatan ini juga ditandai dengan pengenalan buku yang ditulis wartawan LKBN Antara Abdul Hakim tentang sosok Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini.

Sementara itu, Kepala LKBN Antara Biro Jawa Timur Akhmad Munir menyampaikan terima kasih kepada seluruh tamu yang hadir dalam perayaan tersebut.

"Kegiatan ini sebenarnya dilakukan di seluruh biro yang ada di Indonesia, tak terkecuali di Jatim. Dalam perayaan ini, Jatim menggelar kegiatan dengan lebih sederhana," katanya.

Pewarta: Destyan Hendri Sujarwoko
Editor: Desy Saputra
Copyright © ANTARA 2014