Kita tahu, LKBN Antara ini milik pemerintah. Bukan berarti LKBN Antara membela pemerintah, tetapi harus tetap menjaga independensinya selama ini. Apalagi sekarang eranya reformasi,"
Banda Aceh, 13/12 (Antara) - Anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI Ghazali Abbas Adan meminta Lembaga Kantor Berita Negara (LKBN) Antara untuk tetap menjaga independensinya.

"Kita tahu, LKBN Antara ini milik pemerintah. Bukan berarti LKBN Antara membela pemerintah, tetapi harus tetap menjaga independensinya selama ini. Apalagi sekarang eranya reformasi," kata Ghazali Abbas Adan di Banda Aceh, Sabtu.

Pernyataan tersebut disampaikan Ghazali Abbas Adan terkait ulang tahun ke 77 LKBN Antara yang diperingati setiap 13 Desember. Pada kesempatan itu, mantan anggota MPR RI di era orde baru tersebut mengucapkan selamat ulang tahun kepada LKBN Antara.

Senator asal Aceh itu juga mengharapkan LKBN Antara untuk terus menjadi instrumen pemberitaan yang independen, menyuarakan suara rakyat serta menjaga kebenaran dalam menyampaikan informasi kepada publik.

Selain itu, sebut dia, LKBN Antara juga jangan tinggal diam mengkritiki siapa pun yang tidak sesuai dengan kehendak rakyat. Termasuk jika ada kebijakan pemerintah yang dianggap tidak sesuai dengan aspirasi rakyat.

"Untuk konteks Aceh, LKBN Antara diminta ikut serta memperkuat perdamaian serta menyuarakan syariat Islam dan toleransi umat beragama di provinsi ujung barat Indonesia ini," kata Ghazali Abbas Adan.

Senada juga disampaikan ulama muda Aceh, Tgk Faisal Ali. Ia juga mengharapkan di usia yang ke 77 tahun ini, LKBN Antara untuk terus menyuarakan suara rakyat dan tetap menjaga independensinya.

Selain itu, kata dia, LKBN Antara juga diharapkan untuk terus mengembangkan visi dan misinya sebagai kantor berita serta mendukung pembangunan dalam mewujudkan kesejahteraan rakyat.

Selama ini, kami melihat LKBN Antara sebuah media yang mampu menjembatani masyarakat dengan pemerintah dan pengambil kebijakan lainnya," kata Tgk Faisal Ali.

Sementara, H Harun Keuchik Leumik, tokoh pers Aceh, mengharapkan LKBN Antara untuk terus berkiprah menyiarkan informasi kepada masyarakat Indonesia dan dunia pada umumnya.

"Apalagi LKBN Antara ini merupakan penyedia layanan kepada media massa. Karena itu, sampaikanlah informasi yang sebenar-benarnya," kata H Harun Keuchik Leumik.

Pewarta: M Haris SA
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2014