Berlin (ANTARA News) - Pelatih Borussia Dortmund Jurgen Klopp mengakui bahwa finalis Liga Champions 2013 ini menghadapi masalah yang gawat setelah kembali masuk zona degradasi menyusul kekalahan dari Hertha Berlin.

Striker Hertha Julian Schieber yang hengkang dari Dortmund untuk membela Berlin akhir musim lalu, mencetak gol kemenangan tuan rumah yang membuat Dortmund terpental ke posisi 16, sebaliknya timnya sendiri terkerek ke urutan 13 klasemen Bundesliga.

Dortmund lolos ke 16 Besar Liga Champions sebagai juara grup di atas Arsenal, namun di dalam negeri malah terseok-seok dengan hanya empat kali menang dari 15 laga Bundesliga.

"Kami membutuhkan segala dukungan yang bisa kami peroleh, kami mendengar dari minggu ke minggu bahwa kami adalah tim besar, namun tim 'dahsyat' ini juga menghadapi masalah yang 'dahsyat',"  aku Klopp.

Klopp, yang sukses memandu Borussia menjadi juara Bundesliga 2011 dan 2012, memiliki kontrak sampai 2018 dan sudah diberi jaminan bahwa posisinya aman, namun runner up liga musim lalu itu tampil buruk di Berlin.

"Kami berada dalam pertarungan di zona degradasi, kami menerima situasi itu sebagaimana adanya," aku Klopp.

Rabu pekan depan Dortmund menjamu peringkat dua Wolfsburg, lalu bertandang ke Werder Bremen yang sama-sama di zona degradasi pada pertandingan terakhir tahun ini.

"Kini kami punya dua pertandingan tersisa untuk menaikkan secara dramatis posisi liga kami pada paruh kedua musim ini dan itulah tugas kami," kata Klopp.

Dia menghadapi masalah karena di Berlin playmaker mereka asal Armenia, Henrikh Mkhitaryan, terpaksa keluar lapangan pada menit 35 dan dipastikan akan absen pada dua laga terakhir tahun ini.

"Kami merasakan sakit yang pedih yang tidak bagus manakala ada tiga pertandingan dalam sepekan, sepertinya dia tidak akan bermain lagi tahun ini," kata Klopp seperti dikutip AFP.


Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2014