Manchester (ANTARA News) - Ingin agar perusahaan tempat Anda bekerja maju berkembang setakat dengan rumus setiap kompetisi antar perusahaan yakni menang menang dan menang? Jawabnya, silakan menyaksikan laga sarat gengsi antar dua raksasa sepak bola Inggris, Manchester United melawan Liverpool.

Setelah menyaksikan duel dua tim itu, silakan membenahi motivasi diri, bukan malah berkoar di panggung gembira dengan berseru-seru: kerja, kerja, kerja.

Yang pertama dan utama, pahami dulu apa itu kerja di perusahaan Anda, apa itu menang ketika berhikmat bersama duel antara Manchester United dan Liverpool dalam pekan ke-16 Liga Inggris (Premier League) yang diadakan di Old Trafford pada Minggu malam, pukul 20.30 WIB. Pertandingan itu akan disiarkan oleh SCTV.

Ingin tahu esensi kerja? Jawabannya bukan justru ada di lembar-lembar kertas birokrasi yang njlimet, atau bukan ada dalam rapat mingguan yang serba sarat dengan hidangan melezatkan hati dan menyenangkan kantong pribadi. Kerja pada hakekatnya memberi dan melayani.

Dengan memberi dan melayani, pelatih Manchester United (MU) Louis Van Gaal mampu memenuhi harapan fan sejati Old Trafford. Kerja merujuk kepada hasil konkret, bukan menebar janji "akan akan akan".

Pelatih asal Belanda itu membawa seluruh penggawa Setan Merah untuk mengalahkan sejumlah tim yakni Crystal Palace, Arsenal, Hull, Stoke dan Southampton.

Lima kemenangan di laga domestik memberi bukti konkret bahwa sepak bola bukan soal rencana-rencana muluk yang berujung kepada tambun biaya tinggi, meskipun Van Gaal diterpa kritik bahwa ia hendak menyulap United menjadi skuat yang disesaki pemain dengan banderol harga selangit.

Kalau United berada di peringkar 3 dan Liverpool bertengger di peringkat 9, maka beban berada di pundak pelatih Liverpool, Brendan Rodgers.

Soalnya, apakah ia memang telah memberi dan melayani dengan sepenuh hati, mengingat The Reds telah menelan enam kekalahan selama musim ini? Tinggal sekarang menunggu dan menanti kerja Rodgers, salah satunya ketika melawan United hari ini.

Tidak ada kata terlambat bagi mereka yang mau menyongsong sukses dengan bekerja. Tinggal sekarang, apakah Rodgers mampu memperkuat lini pertahanan Liverpool yang belakangan keropos mudah ditembus barisan depan lawan.

Van Gaal datang ke markas MU dengan mengusung filosofi bahwa segala keputusan yang diambil dan diterapkan agar diusahakan dengan argumentasi akal sehat.

Taktik hampir pasti menuai kemenanga di laga bola atau menerima keuntungan dari dunia bisnis, bukan justru menyandarkan diri kepada pertimbangan sepihak dengan semangat "suka suka gue".

Ingin belajar berargumentasi dari duel antara Manchester United dan Liverpool? Simak, bahwa kekuatan personel sama sebangun dengan kelemahan personel. Artinya, sukses tidaknya perusahaan bisnis, lebih banyak ditentukan daya bernalar yang dimiliki para pemimpinnya.

Van Gaal perlu berhitung baik-baik bahwa Angel Di Maria bakal absen dalam dua laga ke depan karena ia masih belum pulih dari cedera hamstring. Hanya saja, bek Rafael dan Phil Jones telah kembali pulih setelah keduanya dibekap cedera.

Di kubu Liverpool, Mario Balotelli kembali berlatih, dan terbuka kemungkinan bakal dimainkan dalam laga di Old Trafford. Pemain berpaspor Italia itu tidak bermain sejak 8 November karena mengalami cedera bahu.

The Reds bakal disokong gelandang Adam Lallana yang telah pulih dari cedera patah tulang rusuk, sementara bek tengah Kolo Toure diharapkan segera pulih dari cedera bahu.

Komentar dua pelatih:

* Louis Van Gaal (Manchester United):
"Saya punya asisten manajer, Ryan Giggs yang mampu mempresentasikan analisis mengenai kekuatan dan kelemahan Liverpool. Dengan begitu saya sangat senang dan puas."

"Saya belum begitu banyak meracik strategi bagi tim selama musim ini, saya hanya melihat mereka (Liverpool) ketika melawan Basel di Liga Champions."

* Brendan Rodgers (Liverpool):
"Pertandingan ini sungguh penting, dan senantiasa penting. Pertandingan ini begitu masif dan menyedot perhatian negeri ini."

"Pesan bagi saya, jelas. Saya tidak berpikir sama sekali bahwa ada seorang yang lebih baik dari saya untuk mengemban pekerjaan ini. Tujuh bulan lalu, kami hampir saja meraih gelar. Saya telah bekerja bersama dengan para pemain, di atas ekspektasi awal.

Data dan fakta:

Head-to-head

* Manchester United telah meraih 10 kemenangan dari 12 laga di ajang laga domestik.
* Duel kedua tim telah menelorkan 15 kartu merah di Liga Inggris.
* Ini pertandingan ke-191 antara kedua tim di seluruh kompetisi. Manchester United meraih 75 kemenangan dari liverpool, dan 51 kali hasil imbang.  

Manchester United:

* United telah memetik lima kali kemenangan selama ajang Premier League. Ini capaian kali pertama sejak Alex Ferguson pensiun.
* Manchester United mencatat tiga tendangan ke gawang Southampton dalam pertandingan Senin pekan lalu. Capaian ini terendah dibandingkan dengan catatan skuat pada 2003.
* Robin van Persie telah menyarangkan enam gol dalam sembilan penampilannya di Premier League, khususnya melawan Liverpool.

Liverpool:

* The Reds kini mengalami defisit poin, bahkan paceklik kemenangan dalam empat laga Liga Inggris musim ini.
* Liverpool telah kebobolan 13 gol dalam tujuh laga tandang dan rataan gol hanya mencapai 1,87 gol per pertandingan. Capaian ini lebih buruk bahkan hampir menyamai QPR.
* Balotelli telah melepaskan 35 tendangan selama turun di ajang Liga Inggris tanpa satu pun menghasilkan gol. Ia pernah mencetak dua gol ketika tampil di Old Trafford manakala membela Manchester City dengan mengalahkan skuat Setan Merah pada pada Oktober 2011. Skor laga ketika itu 6-1 bagi kemenangan City.
* Liverpool telah tersisih dari Liga Champions setelah menelan kekalahan dari Basle pada pertengah pekan ini.

Prakiraan susunan pemain:

* Manchester United (3-5-2):
De Gea (penjaga gawang), Rojo, Carrick, Evans, Young, Herrera, Mata, Fellaini, Valencia, Rooney, Van Persie
Pemain cadangan:
Fletecher, Lindegard, Falcao, Wilson, Januzaj, McNair, Blackett

* Liverpool (4-2-3-1):
Mignolet (penjaga gawang), Johnson, Skrtel, Lovren, Moreno, Lucas, Henderson, Sterling, Gerrard, Lallana, Lambert
Pemain cadangan:
Enrique, Cain, Coutinho, Jones, Markovic, Sakho, Allen
     
Lima laga terakhir:
(W:menang: L: kalah; D: imbang)

* Manchester United: W W W W W

8/12/14  Southampton 1 - 2 Manchester United
2/12/14  Manchester United 2 - 1 Stoke City
29/11/14 Manchester United 3 - 0 Hull City
22/11/14 Arsenal 1 - 2  Manchester United
8/11/14  Manchester United 1 - 0 Crystal Palace


* Liverpool: D D W W D

9/12/14  Liverpool 1 - 1 Basel 1893
6/12/14  Liverpool 0 - 0 Sunderland
2/12/14  Leicester City 1 - 3 Liverpool
29/11//14 Liverpool 1 - 0 Stoke City
26/11//14 FK Ludogorets  2 - 2 Liverpool

Head To Head:
 
5/8/14   Liverpool 1 - 3 Manchester United
16/3/14  Manchester United 0 - 3 Liverpool
25/9/13  Manchester United 1 - 0 Liverpool
1/9/13   Liverpool 1 - 0 Manchester United
13/1/13  Manchester United 2 - 1 Liverpool

 Prediksi hasil laga (Goal.com):

* Manchester United 2 - 0 Liverpool
* Manchester United 2 - 1 Liverpool
* Manchester United 3 - 1 Liverpool

Prediksi hasil laga menurut editor Antaranews.com:
* Manchester United: 2
* Liverpool: 0

Pewarta: A.A. Ariwibowo
Editor: AA Ariwibowo
Copyright © ANTARA 2014