London (ANTARA News) - Juara dunia dua kali Lewis Hamilton, yang memenangi 11 Grand Prix bersama Mercedes pada 2014, mendapat penghargaan (Sports Personality of the Year) dari BBC, Minggu.

Penghargaan itu diberikan kepada pebalap Inggris yang dianggap paling bergengsi di dunia olahraga bermotor.

"Saya tidak bisa berkomentar apa-apa," kata pebalap berusia 29 tahun itu usai menerima penghargaan hasil pilihan publik itu, termasuk dari kalangan petaruh padahal sebelumnya pemain golf Rory McIlroy adalah favorit mendapatkan penghargaan itu.

"Saya sungguh tak berharap ini. Rory, Andalah yang sebenarnya memiliki tahun yang menakjubkan," katanya mengomentari kiprah McIlroy pada acara yang diadakan di Glasgow tersebut.

"Untuk sejuta tahun pun saya tidak akan pernah berpikir berdiri di sini guna mendapatkan penghargaan besar ini," kata Hamilton, yang berjalan ke pentas di atas karpet merah bersama anjing kecilnya, Roscoe.

McIlroy, yang memenangi dua turnamen besar pada 2014 menempati urutan kedua dalam pemilihan pemain terbaik itu, disusul juara lari 10.000 m Eropa, Jo Pavey di urutan ketiga.

Hamilton adalah pebalap kelima yang memenangi penghargaan itu dalam 61 tahun ini, sedangkan Damon Hill dan Nigel Mansell menang dua kali setelah Stirling Moss dan Jackie Stewart.

Penghargaan kepada tim jatuh pada regu Piala Dunia Inggris yang menjuarai rugby putri sedangkan kapten Piala Ryder juara Eropa Paul McGinley dinobatkan sebagai pelatih terbaik.

Striker Real Madrid Cristiano Ronaldo mendapat penghargaan atlet asing terbaik, demikian AFP.

(A008/A011)



Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2014