Jakarta (ANTARA News) - Kobe Bryant melampaui Michael Jordan dalam daftar pebasekt yang mencetak poin terbanyak sepanjang masa di NBA.

Prestasi Bryant itu dicapai ketika dia masih bertanding pada kuarter kedua laga antara klubnya  Los Angeles Lakers melawan Minnesota Timberwolves.

Bryant hanya perlu sembilan poin untuk melampaui rekor Jordan 32.292 poin dan menempati urutan ketiga dalam daftar pencetak poin terbanyak sepanjang masa setelah Kareem Abdul-Jabbar (38.387 poin) dan Karl Malone (36.928).

Dia mencapai rekor itu lewaat sepasang lemparan bebas menjelang kuarter kedua.

Para pendukung Minnesota sendiri bangkit menyambut pencapaian Bryant ini.

Bryant menerima pelukan selamat dari para pemain kedua tim.

"Ini pelukan kehormatan. Ini seperti perjalanan panjang," kata Bryant kepada wartawan. "Ini berjalan sangat cepat, rasanya hebat berada di titik ini."

Bryant finis dengan 26 poin untuk mencetak total 32.310 saat Lakers mengalahkan Timberwolves 100-94.

Jordan yang dianggap sebagai pebasket terbaik sepanjang masa, dianggap sebagai standard di NBA.

Mantan legenda ini menyelamati pencapaian Bryant.

"Saya mencoba belajar banyak dari dia secara khusus. Dia bagian terbesar keberhasilan dan karir saya dengan memberi saya nasihat," kata Bryant. "Hubungan ini sangat berarti bagi saya."

Bryant yang berusia 36 tahun mencatat prestasi itu pada musim ke-19 dia dan pertandingan ke 1.269. Sedangkan Jordan mengakhiri karir pada musim ke-15 dan 1.072 pertandingan, demikian Reuters.


Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2014