Kotabaru (ANTARA News) - Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengatakan masa depan Indonesia ada di laut dan pemerintah akan terus melakukan aksi untuk meneguhkan kedaulatan bahari Indonesia.

"Kita harus meyakini bahwa masa depan kita ada di laut," kata Presiden Jokowi saat memberikan sambutan pada peringatan Hari Nusantara di Kotabaru, Kalimantan Selatan, Senin.

Presiden mengatakan Hari Nusantara mengingatkan bahwa bangsa Indonesia adalah sebagai bangsa bahari.

Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti mengatakan peringatan Hari Nusantara tahun ini menjadi momentum untuk mengukuhkan Indonesia sebagai negeri maritim.

"Hari Nusantara kita peringati sebagai bentuk penghormatan kita atas kedaulatan bangsa Indonesia sebagai negara maritim," katanya.

Ia mengingatkan bahwa bila dikalkulasi dan diolah secara maksimal maka kekayaan laut Indonesia bisa menyumbang hingga 1,2 triliun dolar AS per tahun.

"Kita harus memiliki komitmen bahwa laut harus menyejahterakan rakyat Indonesia, dan komitmen kuat untuk menegakkan kedaulatan di atas laut kita," kata Susi.

Sementara Menteri Riset Teknologi dan Pendidikan M Nasir mengatakan potensi sumber kelautan mencapai 76,8 persen dari seluruh wilayah Indonesia.

"Untuk itu potensi maritim perlu dikelola agar dapat dimanfaatkan untuk kesejahteraan rakyat seluruhnya," katanya.

Pewarta: Muhammad Razi Rahman
Editor: Maryati
Copyright © ANTARA 2014