Tokyo (ANTARA News) - Koalisi pendukung pemerintahan Perdana Menteri Shinzo Abe --Partai Liberal Demokrat (LDP) dan mitra koalisinya Partai Komeito-- memenangi 326 kursi parlemen Jepang atau 2/3 dari suara parlemen, lapor Reuters.

Namun suara LDP sendiri kehilangan dua kuri dari 295 yang didapatnya para dua tahun lalu, menjadi 291 kursi.

Shinzo Abe langsung menyatakan bahwa dia akan mempertahankan kebijakan ekonomi reflaksinernya, melakukan reformasi struktural dan memperkuat pendirian teguhnya dalam soal keamanan.

Abe menekankan lagi kebijakan ekonominya, "Abenomics", dengan menyasar pelonggaran kondisi moneter, belanja pemerintah dan deregulasi.

"Kami mendengar suara rakyat yang mengatakan 'Majulah bersama Abenomics'," kata Abe dalam jumpa pers di markas LDP.

"Saya ingin sepenuhnya menerapkan 'Tiga Panah'," kata Abe salah satunya merujuk mendorong stimulus fiskal sebelum akhir tahun ini dan meminta kalangan usaha menaikkan upah pekerja.

Tetapi Pemilu kali ini tidak begitu ditanggapi antusiastis oleh rakyat dengan partisipasi pemilik suara hanya 53,3 persen atau di bawah Pemilu 2012 yang mencapai 59,3 persen.

LDP memenangkan 75 persen kursi parlemen daerah yang setara dengan 295 kursi majelis rendah dari hanya 48 persen pemilih, lapor koran Tokyo Shimbun seperti dikutip Reuters.

Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2014