Pangkalpinang (ANTARA News) - Kepolisian Resor Pangkalpinang, Kepulauan Bangka Belitung akan melakukan penjagaan dan pengamanan gereja-gereja di daerah itu hingga tengah malam pada saat perayaan malam Natal dan Tahun Baru 2015.

"Kami akan melakukan penjagaan dan pengamanan terhadap gereja-gereja yang ada di sini sampai tengah malam. Gereja yang yang akan diperketat penjagaannya yakni yang akan didatangi jamaah yang banyak" ujar Kapolres Pangkalpinang AKBP Nur Romdhoni melalui Kabag Ops Kompol Raspandi, Senin.

Ia mengatakan, selain menempatkan personel di gereja-gereja, pihaknya juga akan melakukan pengamanan dan penjagaan di pusat-pusat keramaian, seperti mal dan pusat perbelanjaan serta pada setiap tempat berkumpulnya masyarakat Pangkalpinang.

"Penjagaan di gereja-gereja hanya akan dilakukan hingga tengah malam perayaan natal saja, sedangkan untuk pos pengamanan dan pos pelayanan akan disiagakan sampai 2 Januari 2015 mendatang," ujarnya.

Dikatakannya, pihaknya akan selalu siap melakukan penjagaan terhadap semua kegiatan di gereja maupun aktivitas masyarakat di tempat keramaian hingga perayaan Tahun Baru 2015.

"Kami harap perayaan natal dan tahun baru 2015 di Pangkalpinang bisa berjalan kondusif tanpa ada gangguan sama sekali seperti tahun kemarin. Suasana kondusif sangat tergantung terhadap sikap toleransi masyarakat serta turut membantu menjaga keamanan dan ketertiban," katanya.

Menurutnya, berdasarkan pengalaman dari tahun sebelumnya, masyarakat Pangkalpinang sudah mampu saling menjaga dan saling menghargai antarumat beragama.

Ia berharap masyarakat dapat terus membantu kepolisian menjaga keamanan dan ketertiban di wilayah hukum Polres Pangkalpinang.

"Kami akan berusaha menjaga perayaan Natal dan Tahun Baru ini semaksimal mungkin. Kami juga akan menempatkan seluruh personel polisi di tempat yang dianggap diperlukan," katanya.


Pewarta: Ongku Sultan Harahap
Editor: Ella Syafputri
Copyright © ANTARA 2014