... khususnya yang berada di New South Wales dan Australia pada umumnya untuk waspada dan menjauhi area di sekitar Sydney CBD...
Jakarta (ANTARA News) - Konsulat Jenderal Republik Indonesia di Sydney, Australia, mengimbau kepada seluruh WNI untuk tetap waspada di kawasan sekitar Sydney Central Business District.

"KJRI Sydney mengimbau kepada seluruh masyarakat Indonesia, khususnya yang berada di New South Wales dan Australia pada umumnya untuk waspada dan menjauhi area di sekitar Sydney CBD," demikian maklumat singkat di laman KJRI di Sydney yang dikutip di Jakarta, Senin.

Imbauan itu terkait insiden penyanderaan oleh orang tidak dikenal di Sydney Cafe yang terletak di Martin Place, Sydney.

Hingga pukul 13.00 waktu setempat, satu orang dengan senjata api berada di dalam kafe tersebut bersama beberapa sandera. Penyandera memegang bendera berwarna hitam dan putih dan melakukan penyanderaan mulai pukul 09.45 waktu setempat.

Konsulat Jenderal Indonesia di Sydney juga mengimbau WNI untuk menghindari area publik untuk sementara waktu hingga keadaan keamanan kondusif.

Para komuter di Sydney disarankan untuk bersiap terkena penundaan dan menunggu untuk keluar dari kota itu pada Senin malam karena lalu lintas dan perjalanan terhambat akibat penyanderaan.

Martin Place adalah kawasan pusat bisnis dan perbankan paling sibuk di Sydney. Stasiun televisi Australia, Channel 7, mengabarkan warga Australia yang akan menempuh perjalanan pulang dari tempat kerja mereka di kawasan Martin Place harus mengikuti petunjuk dari situs layanan darurat. 

Pewarta: Bayu Prasetyo
Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2014