Kerja sama ini merupakan bukti kedekatan antara Pemerintah Kota Bekasi dengan DKI Jakarta. Bekasi saat ini dianggap sebagai kota penyangga sekaligus kota mitra."
Bekasi (ANTARA News) - Wali Kota Rahmat Effendi memastikan besaran dana hibah dari Pemerintah Provinsi DKI Jakarta untuk pembangunan infrastruktur di Kota Bekasi, Jawa Barat, mencapai Rp190 miliar.

"Dana itu telah disetujui dan bisa dicairkan pada 2016," kata Wali Kota Rahmat Effendi di Bekasi, Senin.

Menurut dia, dana itu sedikit berkurang dari yang diharapkan pihaknya yang semula mencapai Rp250 miliar.

Bantuan tersebut rencananya akan dimanfaatkan oleh Pemerintah Kota Bekasi untuk perbaikan infrastruktur jalan yang menghubungkan Kota Bekasi dengan DKI Jakarta.

"Salah satunya untuk pelebaran jalan sisi selatan Kalimalang, yang nantinya akan menembus DKI Jakarta," katanya.

Menurut dia, perbaikan infrastruktur jalan di Kota Bekasi akan menjadi salah satu fokus dari APBD 2015 dan akan ditambah lagi dengan bantuan Pemprov DKI.

"Kondisi jalan menjadi prioritas kami karena lebarnya sudah tidak sebanding dengan jumlah kendaraan yang ada," ujarnya.

Rahmat menambahkan, dana bantuan dari DKI Jakarta juga akan digunakan untuk pelebaran jalan di Pasar Jatiasih, Kecamatan Jatiasih.

"Jalan tersebut akan kita perlebar dua meter pada bagian kanan dan kirinya. Kita juga akan membuat saluran air agar tidak meluap ke jalan saat ada peningkatan debit," katanya.

Menurutnya, kerja sama dengan DKI Jakarta selama ini belum pernah dilakukan oleh Kepala Daerah sebelumnya.

"Kerja sama ini merupakan bukti kedekatan antara Pemerintah Kota Bekasi dengan DKI Jakarta. Bekasi saat ini dianggap sebagai kota penyangga sekaligus kota mitra," katanya.

Pewarta: Andi Firdaus
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2014