Saya sudah merasa jauh lebih nyaman saat berada di dalam mobil baru ini
Jakarta (ANTARA News) - Sean Gelael semakin mendekati kenyataan untuk naik kelas pada musim 2015, ke jenis perlombaan Formula Renault 3.5 World Series, setelah ia melakukan tes dalam beberapa hari pada pertengahan Desember.

"Saya sudah merasa jauh lebih nyaman saat berada di dalam mobil baru ini," kata Sean dalam surat elektronik kepada media yang diterima di Jakarta, Selasa.

Sampai akhir pekan lalu, Sean sudah melakoni tes dengan kendaraan World Series by Renault sebanyak enam hari, dua hari untuk setiap tes, yang dilakukan di Circuit de Catalunya, Valencia, dan Estoril.

"Kemajuannya sangat menggembirakan," kata manajer administrasi Jeffrey JP.

Sean yang masih berumur 18 tahun sepertinya akan tetap bersama dengan Tim Carlin, yang juga telah mendukung Tim Jagonya Ayam with Carlin selama 2014, yang merupakan musim keduanya di Kejuaraan FIA Formula 3 Eropa.

Formula Renault World Series 3.5 adalah salah satu dari dua kejuaraan yang statusnya berada di antara Formula 3 dan Formula 1. Kejuaraan lainnya yang memiliki status yang sama adalah GP2.

Pada ajang World Series by Renault ini, kendaraan yang digunakan memiliki spesifikasi yang lebih tinggi dibandingkan Formula 3. Tenaga mesin V8 3500cc yang digunakan mencapai 530bhp.

Selain itu, untuk pertama kalinya Sean akan menggunakan rem karbon dan Downforce Reduction System (DRS), yang dapat meningkatkan kecepatan kendaraan di lintasan lurus dengan meratakan sayap belakang.

Ini merupakan teknologi yang sama dengan yang dipakai pada kendaraan Formula 1. Ditambah lagi dengan penggunaan ban Michelin yang sudah sangat terkenal memliki daya cengkram yang luar biasa.

Delapan dari sembilan balapan akhir pekan selama 2015 akan menampilkan dua race, yang setiap race akan berlangsung selama 45 menit dan di setiap race kedua, setiap pebalap diwajibkan untuk melakukan pitstop, serupa dengan yang dilakukan di Formula 1, untuk mengganti dua ban. Satu balapan lainnya hanya akan melakukan satu race, yang akan dilakukan di Monaco Grand Prix.

"Setelah Formula 3, balapan sekarang ini adalah awal yang baik dan saya merasa saya bisa melakukan pekerjaan yang baik di tahun depan," kata Sean.

"Saya merasa gembira dan senang sehubungan dengan mobil baru ini, yang sesuai dengan gaya menyetir saya. Saya sangat bergembira dan semoga kami semua bisa melakukan yang terbaik di 2015," kata mahasiswa di Universitas Bath, Inggris. 

Pewarta: AR Loebis
Editor: Fitri Supratiwi
Copyright © ANTARA 2014