Ini bukan hanya mencegah longsor namun juga sebagai upaya penghijauan sehingga akan semakin menjaga keasrian kawasan ini
Lamongan (ANTARA News) - Pemerintah Kabupaten Lamongan, Jawa Timur, menanam dua juta pohon di wilayah perbukitan Desa Pucakwangi, Kecamatan Babat, untuk mencegah longsor di wilayah setempat.

Bupati Lamongan, Fadeli, Selasa, di Lamongan mengatakan aksi penanaman sengaja dilakukan di Desa Pucakwangi karena kawasan itu merupakan wilayah perbukitan di Lamongan.

"Ini bukan hanya mencegah longsor namun juga sebagai upaya penghijauan sehingga akan semakin menjaga keasrian kawasan ini," katanya.

Selain melakukan aksi penanaman pohon, Fadeli juga melakukan penebaran benih ikan di sendang atau Sungai Pucakwangi.

Sementara itu Kepala Dinas Pertanian dan Kehutanan Kabupaten Lamongan, Aris Setiadi, mengatakan kegiatan penanaman yang dilakukan selain sebagai bagian mencegah bencana longsor juga untuk mempersempit lahan kritis di Lamongan.

Ia mengatakan, total lahan kritis di Lamongan mencapai 25.500 hektare lahan dari total luas wilayah Lamongan yang mencapai 1.812,8 kilometer persegi.

"Oleh karena itu kegiatan penanaman dua juta pohon ini menjadi penting sebagi upaya memperluas lahan hijau dan mencegah longsor dan banjir," katanya.

Ia mengatakan, salah satu jenis pohon yang ditanam adalah Bunga Kenanga, karena asal muasal nama Desa Pucakwangi erat kaitannya dengan keharuman Bunga Kenanga.



Pewarta: Slamet Agus Sudarmojo
Editor: Ella Syafputri
Copyright © ANTARA 2014