Jakarta (ANTARA News) - Ketua DPR RI Setya Novanto menyerahkan bantuan berupa uang senilai Rp400 juta kepada korban longsor di Dusun Jemblung, Kabupaten Banjarnegara, Jawa Tengah.

Novanto yang didampingi Wakil Ketua DPR Agus Hermanto, Taufik Kurniawan dan Fahri Hamzah menyerahkan bantuan tersebut melalui Gubenur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo beserta jajarannya di kantor Gubernur, Semarang.

Novanto mengatakan, pimpinan dan seluruh anggota DPR RI menyampaikan turut berduka atas terjadinya musibah longsor di Kabupaten Banjarnegara yang menelan korban jiwa cukup banyak. Menurut data BNPB katanya, jumlah korban meninggal dunia mencapai sebanyak 56 orang.

"Kejadian ini menyadarkan kita untuk menaruh perhatian yang lebih serius terhadap ancaman longsor yang berpotensi terjadi di musim hujan ini, khususnya di daerah-daerah tertentu yang rawan longsor," kata Novanto dalam rilis yang diterima ANTARA News, Jakarta, Selasa.

Ketua DPR berharap, gubernur dan seluruh jajaran Pemda Jateng sebagai koordinator penanganan bencana segera melakukan langkah-langkah cepat, termasuk berkoordinasi dengan pemerintah pusat agar penanganan bencana di Banjarnegara dapat segera pulih kembali.

Novanto juga meminta agar tim penanganan bencana memperhatikan kebutuhan para korban, terutama para ibu, anak-anak, dan para lanjut usia. Penanganan khusus itu termasuk untuk mengurangi trauma fisik maupun psikis yang timbul akibat bencana tersebut.

"Saya berharap Menhut dan Perhutani segera bekerjasama dengan pemerintah untuk merelokasi penduduk yang menjadi korban longsor di Banjarnegara karena masih ada 34 titik rawan yang lebih besar," sebut Novanto.

Menurut Novanto, relokasi itu sangat diperlukan dengan memanfaatkan kawasan hutan yang ada di Jateng untuk dijadikan pemukiman penduduk yang jadi korban longsor. "Tidak ada jalan lain selain itu. Memang bisa dilakukan transmigrasi lokal untuk alternative jangka pendek tapi jangka panjangnya ya relokasi. Untuk itu kita minta Menhut menindaklanjuti ini dengan segera," kata Novanto.

Novanto mengaku, begitu mendengar ada bencana longsor di Banjarnegara, seluruh pimpinan dan anggota DPR RI berinisiatif untuk menyisihkan sebagian rezekinya guna meringankan derita para korban. "Cuma sedikit yang bisa kami kumpulkan dan kami serahkan kepada Pak Gubernur untuk disumbangkan kepada saudara-saudara kita yang menjadi korban longsor di Banjarnegara. Semoga tali asih ini bisa meringankan beban mereka," ujar Novanto.

Pewarta: Zul Sikumbang
Editor: Unggul Tri Ratomo
Copyright © ANTARA 2014