Tokyo (ANTARA News) - Fukushima berniat untuk memperlihatkan bahwa mereka telah pulih total dari bencana nuklir 2011 dengan menyelenggarakan sejumlah ajang pada Olimpiade musim panas 2020 di Tokyo.

Gubernur wilayah di timur laut itu telah mengadakan sejumlah pembicaraan dengan sejawatnya di Tokyo untuk mendiskusikan mengenai hal ini.

"Kami perlu mencanangkan tujuan maka kami dapat memperlihatkan betapa Fukushima telah pulih," kata Masao Uchibori seperti dikutip kantor berita Kyodo pada Selasa.

Uchibori tidak menyebutkan secara spesifik ajang apa yang ingin ia selenggarakan, namun pertandingan-pertandingan sepak bola menjadi salah satu yang paling mungkin, di mana pertandingan-pertandingan biasanya diselenggarakan di sekitar negara tuan rumah dan dimulai sebelum upacara pembukaan.

Menteri Kesehatan Jepang Yooichi Masuzoe menyambut ketertarikan dari Fukushima, salah satu area dengan bencana nuklir terburuk di dunia sejak Chernobyl pada 1986.

"Olimpiade dimaksudkan untuk memperlihatkan rekonstruksi daerah Tohoku kepada dunia. Kami ingin bekerja sama sebanyak mungkin," tuturnya. Demikian laporan Reuters.

(Uu.H-RF/I015)

Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2014