Perayaan Natal dan Tahun Baru di Jember diharapkan selalu kondusif. Tidak ada isu atau ancaman kepada sejumlah gereja, semua terkendali dengan aman."
Jember (ANTARA News) - Kepolisian Resor (Polres) Jember, Jawa Timur, menyiagakan sebanyak 1.200 personel untuk mengamankan perayaan Natal dan Tahun Baru 2015 di kabupaten setempat.

"Kami juga mendapat bantuan pengamanan sebanyak 1.000 personel tambahan dari TNI, Satpol PP, dan organisasi kemasyarakatan," kata Kapolres Jember AKBP Sabilul Alif usai menggelar rapat koordinasi pengamanan Natal dan Tahun Baru di Mapolres Jember, Selasa.

Menurut dia, pengamanan tersebut akan disebar di 78 gereja yang berada di 31 kecamatan di Jember dan sebanyak 14 gereja di antaranya berada di kawasan kota.

"Sebanyak 14 gereja yang berada di kawasan kota akan menjadi perhatian utama dalam rangka pengamanan Natal tersebut karena diprediksi jumlah jemaat yang hadir di gereja kawasan kota lebih banyak," paparnya.

Pihak kepolisian, lanjut dia, akan memberikan pengamanan terbuka dan tertutup untuk memastikan perayaan Natal di masing-masing gereja berjalan lancar.

"Kami juga tidak mengizinkan siapapun, termasuk para jemaat gereja mengendarai kendaraannya dalam radius 50 meter dari gereja untuk meningkatkan kualitas keamanan," ucap mantan Kapolres Bondowoso itu.

Sabilul meminta petugas kepolisian, baik pengamanan terbuka maupun pengamanan tertutup benar-benar berkerja ekstra untuk mengantisipasi adanya kelompok-kelompok tertentu yang berusaha mengacaukan situasi selama berlangsungnya kegiatan ibadah Misa Natal.

"Saya minta pihak-pihak terkait terutama pihak gereja untuk bersinergi membantu kepolisian dalam memberikan rasa aman bagi umat Kristiani yang merayakan Natal," paparnya.

Ia menjelaskan, kondisi dan suasana Kabupaten Jember menjelang Natal dan Tahun Baru 2015 hingga kini cukup kondusif.

"Perayaan Natal dan Tahun Baru di Jember diharapkan selalu kondusif. Tidak ada isu atau ancaman kepada sejumlah gereja, semua terkendali dengan aman," katanya.

Pewarta: Zumrotun Solichah
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2014