Kami akan berangkat ke Banjarnegara pada tanggal 26 Desember. Seluruh bantuan akan kami serahkan, dan sejumlah relawan akan ikut membantu proses penanggulangan bencana di daerah tersebut."
Bogor (ANTARA News) - Komunitas Laskar Cinta Kasih menggalang dana dan mengumpulkan sumbangan dari warga Kota Bogor untuk korban longsor di Kabupaten Banjarnegara, Jawa Tengah.

Aksi penggalangan dana sudah berlangsung selama dua hari, sejumlah bantuan berdatangan dari para donatur berupa pakaian bekas dan sejumlah perlengkapan belajar.

"Kami menggalang dana dari seluruh anggota komunitas, dan beberapa dari relawan dan warga Kota Bogor," kata Nan Sumiroy, pendiri Laskar Cinta Kasih di Bogor, Selasa.

Komunitas Laskar Cinta Kasih bergerak dalam bidang sosial, dan kemanusiaan, membantu korban bencana alam juga membantu pasien dari kalangan tidak mampu.

Komunitas yang sudah berdiri sejak 2012 ini berpusat di Jalan Mayor Oking, Kota Bogor, memiliki puluhan anggota yang berkontribusi aktif membantu penderita kaum dhuafa tanpa memandang suku, ras maupun agama.

"Sampai saat ini sudah terkumpul dua dus besar berisi sumbangan pakaian layak pakai, dan ada juga yang berjanji akan mentrasfer bantuan bagi korban," kata Nan.

Untuk menggalang bantuan tersebut, Komunitas Laskar Cinta Kasih mendirikan tiga posko yang siap menerima dan menampung bantuan dari masyarakat Kota Bogor bagi korban longsor Banjarnegara. Salah satu posko terletak di Jalan Mayong Oking.

Selain menerima bantuan dari posko, lanjut dia, Komunitas Laskar Cinta Kasih berencana akan menggelar kegiatan amal di sebuah kafe yang ada di Kota Bogor.

"Kami rutin menggelar kegiatan musik yang di dalamnya akan diisi dengan kegiatan malam amal, menggalang donasi dari donatur," katanya.

Menurut dia, dana maupun bantuan barang yang terkumpul akan dikirim langsung ke Banjarnegara oleh anggota Laskar Cinta Kasih yang akan diberangkatkan pada 26 Desember mendatang.

"Kami akan berangkat ke Banjarnegara pada tanggal 26 Desember. Seluruh bantuan akan kami serahkan, dan sejumlah relawan akan ikut membantu proses penanggulangan bencana di daerah tersebut," katanya.

Longsor di Kabupaten Banjarnegara, Provinsi Jawa Tengah terjadi Jumat (12/12) telah menewaskan 56 orang dan 52 orang lainnya masih dalam pencarian.

Hingga kini proses evakuasi korban longsor terbesar itu masih dilakukan oleh tim SAR gabungan, sejumlah bantuan juga sudah disalurkan oleh berbagai pihak.

Pewarta: Laily Rahmawati
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2014