Kebutuhan yang sangat diperlukan untuk proses evakuasi saat ini adalah alat cutting hidrolik, katrol, alat sedot dan semprot air juga masker serta sarung tangan latex,"
Jakarta (ANTARA News) - Tim rescue dari lembaga kemanusiaan yang membantu penanganan bencana tanah longsor di Banjarnegara membutuhkan peralatan tambahan untuk proses evakuasi korban.

"Kebutuhan yang sangat diperlukan untuk proses evakuasi saat ini adalah alat cutting hidrolik, katrol, alat sedot dan semprot air juga masker serta sarung tangan latex," ujar Amir Mutar selaku Ketua tim rescue Lembaga Kemanusiaan Nasional Pos Keadilan Peduli Umat (PKPU) di Jakarta, Selasa.

Dia menjelaskan, pada saat ini Lembaga Kemanusiaan Nasional PKPU terus bergerak dan bersinergi melakukan evakuasi lanjutan dengan Kopassus.

"Lima personil bagian operasi PKPU bergabung dengan personil Kopassus untuk mengevakuasi korban yang tertimpa material bangunan. Tim Rescue PKPU juga menyediakan ambulance di pusat identifikasi korban sebagai support armada," katanya.

Selain itu, tim perencanaan rescue PKPU ikut bersama tim kesehatan Kopassus untuk melakukan pendataan lanjutan.

"Tujuannya untuk penentuan program atau jenis bantuan yang akan diberikan selanjutnya," katanya.

Sejauh ini, PKPU telah melalukan evakuasi, perawatan medis, pelayanan jenazah, distribusi logistik darurat, menyediakan ambulance.

"Dan dalam beberapa hari kedepan akan membuat pusat trauma healing, Serambi Nyaman yang dikhususkan untuk korban yang rentan terkena penyakit seperti manula, ibu hamil, anak-anak dan lainnya, serta pengadaan posko dapur Air dimana warga dapat mengambil air minum dan dibuatkan susu bagi bayi dan balita," katanya.

Berdasarkan pendataan tim Rescue PKPU, kebutuhan yang diperlukan oleh masyarakat sekitar seperti medis dan obat-obatan, sembako, perlengkapan mandi, pembalut, selimut, sarung, kaos kaki anak-anak dan dewasa, pakaian layak pakai, pakaian dalam dan lain sebagainya.

Pewarta: Wuryanti Puspitasari
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2014