Berlin (ANTARA News) - Gol ke-100 Arjen Robben untuk juara Jerman Bayern Munich membawa mereka menang 2-0 atas Freiburg sekaligus memperbesar keunggulan di puncak klasemen Liga Jerman pada Selasa (Rabu WIB).

Gol-gol yang dibukukan Robben dan Thomas Mueller mengunci kemenangan Bayern yang membuat mereka unggul 12 angka atas VfL Wolfsburg, yang akan menghadapi Borussia Dortmund pada Rabu.

Tapi ada pengorbanan untuk kemenangan Bayern. Bek Mehdi Benatia, penyerang Robert Lewandowski, dan gelandang Xabi Alonso mendapat cedera.

Ketua Bayern Karl-Heinz Rummenigge menyebut Robben sebagai "pemain lapangan terbaik di dunia" setelah pemain sayap asal Belanda itu mencetak dua gol saat Bayern menang 4-0 atas Augsburg pada Sabtu silam.

Mueller menambahi gol kedua Bayern untuk mengunci raihan angka.

"Ini merupakan hasil yang bagus, kami akan senang untuk bisa mendapatkan sedikit lebih banyak gol, namun mereka berkerumun di belakang bola, maka kami sangat senang dengan kemenangan ini," kata Mueller seperti dilansir kantor berita AFP.

Dengan tim peringkat kedua Wolfsburg bermain di markas tim peringkat kedua dari bawah Borussia Dortmund pada Rabu, Bayern memaksimalkan kesempatan untuk memperbesar keunggulan mereka di Allianz Arena Munich.

"Menyenangkan unggul 12 angka, itu merupakan tujuan kami, kami sangat dominan dan kami melakukan pekerjaan kami," tambah Mueller.

Hanya penampilan gemilang dari kiper Freiburg Roman Burki yang membuat selisih gol tidak lebih besar lagi ketika Bayern mencatatkan 31 tembakan ke gawang--rekor Liga Jerman musim ini.

Dengan Freiburg menumpuk pertahanan mereka dan Bayern menikmati lebih dari 80 persen penguasaan bola, hanya masalah waktu saja sebelum tuan rumah membuka keunggulan.

Bagaimanapun, diperlukan sampai empat menit sebelum turun minum untuk memecah kebuntuan.

Franck Ribery - yang juga menghiasi pertandingan ke-100nya untuk klub dengan torehan gol pada awal bulan ini - menanduk bola melintasi gawang dan Robben menyundul bola yang memantul melewati Burki.

Gol kedua tuan rumah tercipta dari kemampuan menawan.

Operan jarak jauh akurat dari Robben diterima oleh pemain asal Spanyol Juan Bernat, yang meneruskannya dengan umpan silang yang ditepis Burki ke mistar gawang hanya untuk ditanduk Mueller pada menit ke-48.

Bek kiri Bernat memaksa Burki melakukan penyelamatan pada menit ke-60, kemudian membentur tiang gawang pada menit ke-70.

Cedera-cedera terjadi di saat yang tepat bagi Bayern ketika Liga Jerman menjelang libur musim dingin tahunan pada Minggu, ketika sang juara bertahan memainkan pertandingan terakhir tahun ini dengan melawat ke markas Mainz pada Jumat.

Pada pertandingan lain Selasa, Stuttgart meninggalkan zona degradasi berkat kemenangan 1-0 atas sesama tim papan bawah Hamburg berkat gol semata wayang Florian Klein.

Tim tamu memainkan bagian terbaiknya pada babak kedua justru setelah mereka kalah jumlah pemain, setelah bek Georg Niedermeier mendapatkan kartu merah karena menarik penyerang Artjoms Rudnevs setelah turun minum.

Augsburg tetap berada di peringkat kelima meski mereka menelan kekalahan keduanya secara beruntun saat mereka kalah 0-2 di markas Hanover 96, sedangkan tim papan tengah Mainz melakukan pemanasan untuk kedatangan Bayern pada Jumat dengan bermain imbang tanpa gol di Cologne. (Uu.H-RF)

Editor: Maryati
Copyright © ANTARA 2014