AsiaNet 58951

TOKYO, 17 Desember (Antara/Kyodo JBN-AsiaNet) --

- Tantangan Unik yang Belum Pernah Terjadi Sebelumnya di Jepang -

Tokyo Metropolitan University (TMU) akan menawarkan program S1 Ilmu Biologi (Jurusan Sains & Teknik, Fakultas Seni Liberal Perkotaan) yang seluruhnya akan disampaikan dalam Bahasa Inggris dan akan membuka pendaftaran pada April 2015. Seluruh kredit perkuliahan yang dibutuhkan untuk menyelesaikan program ini dapat diperoleh dengan mengikuti perkuliahan dan seminar yang tersedia dalam Bahasa Inggris dan Bahasa Jepang. Para mahasiswa dapat memilih untuk menggabungkan perkuliahan yang diberikan dalam dua bahasa tersebut.

(Foto: http://prw.kyodonews.jp/prwfile/release/M102495/201412156291/_prw_OI1im_6eL8olK0.jpg)


Keunikan dari program ini adalah dengan disediakannya pilihan bahasa Inggris untuk kurikulum S1 lengkap yang telah tersedia dalam bahasa Jepang, menjadikan hal ini sebuah tantangan yang belum pernah ada sebelumnya di seluruh penjuru Jepang. Hal ini akan memberikan kontribusi besar bagi pengembangan sumber daya manusia yang menggabungkan pengetahuan khusus dengan kemampuan komunikasi dalam bahasa Inggris.

1. Latar belakang dan fitur

-  Dengan semakin meningkatnya globalisasi masyarakat ekonomi, semakin banyak pula universitas di Jepang yang menawarkan program lengkap dalam bahasa Inggris. Akan tetapi, sebagian besar program yang diberikan dalam bahasa Inggris ditujukan bagi mahasiswa program pertukaran dari luar negeri sebagai sasaran utama ataupun program di fakultas dan jurusan yang awalnya dibentuk dengan tujuan internasionalisasi.

-  Upaya baru dari Departemen Ilmu Biologi TMU ini bertujuan untuk menyediakan pilihan bahasa Inggris bagi kurikulum S1 lengkap yang sebelumnya memang sudah tersedia dalam bahasa Jepang. Pilihan bahasa Inggris ini akan disediakan bersamaan dengan program aslinya dalam bahasa Jepang, sehingga para mahasiswanya dapat memilih perkuliahan dari dua bahasa tersebut. Ini adalah hal baru yang belum pernah dilakukan sebelumnya di Jepang. TMU yakin ini akan menjadi model baru untuk mengglobalkan pendidikan khusus.

2. Fitur kurikulum

Oleh karena program ini merupakan pilihan bahasa Inggris bagi program bahasa Jepang yang memang sudah ada sebelumnya di Ilmu Biologi, konten kurikulumnya sama dengan program aslinya dalam Bahasa Jepang, mencakup semua tingkat biologi mulai dari tingkat molekuler dan seluler hingga organisme manusia, ekologi dan taksonomi. Subjek studi ini meliputi organisme mulai dari mikroorganisme, flora dan fauna.

-  Perkuliahan akan disediakan bersamaan dalam bahasa Inggris dan bahasa Jepang pada waktu yang berbeda. Eksperimen, praktek kerja dan program penelitian juga akan tersedia dalam bahasa Inggris namun pelaksanaannya di laboratorium akan bergabung dengan para mahasiswa yang mengambil kelas dalam bahasa Jepang. Berbagai macam program seni liberal juga akan tersedia dalam bahasa Inggris.

-  Para mahasiswa dibebaskan memilih apakah mereka akan mengikuti semua kelas dalam bahasa Inggris atau hanya mengikuti sebagian saja kelas bahasa Inggris dan sisanya dalam bahasa Jepang. Jumlah kredit untuk suatu kelas tertentu hanya bisa diperoleh di kelas bahasa manapun, tetapi ada beberapa kondisi di mana para mahasiswa dapat mengikuti kelas yang sama dalam bahasa Inggris dan juga bahasa Jepang yang diajarkan oleh pengajar yang sama.

-  Sistem penerimaan dan ujian masuk juga akan tetap sama. Akan tetapi, para pelamar yang tidak memahami bahasa Jepang atau yang lebih fasih menggunakan bahasa Inggris daripada bahasa Jepang boleh mendaftar untuk mengikuti ujian khusus dalam bahasa Inggris bergantung pada latar belakang pendidikan mereka (mahasiswa pertukaran yang didanai swasta, pelamar umum dengan rekomendasi).


*Untuk informasi lebih lanjut, silakan lihat leaflet terlampir atau kunjungi kami di website berikut:  (Ketik "Biological Sciences" "English curriculum" di mesin pencari)
 Website : http://www.biol.se.tmu.ac.jp/global/index.html

SUMBER : Tokyo Metropolitan University

Kontak :
Katsumi Matsuura, Professor
Division of Biological Sciences
School of Science and Engineering
Faculty of Urban Liberal Arts
Tokyo Metropolitan University
Tel:+81-42-677-2581
E-mail:matsuura-katsumi@tmu.ac.jp

Pewarta: PR Wire
Editor: PR Wire
Copyright © ANTARA 2014