Dia kecamatan (saat ini-red), bagusnya kan dia punya administrasi pemerintahan sendiri."
Jakarta (ANTARA News) - Pemerintah merencanakan Sebatik yang berada di wilayah perbatasan Indonesia-Malaysia akan memiliki administrasi pemerintahan dalam bentuk kota dari kini hanya kecamatan.

"Sebatik itu kita akan (ada-red) administrasi pemerintahannya itu jadi kota, jadi Kota Sebatik, itu usulan," kata Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala BPN Ferry Mursyidan Baldan kepada wartawan di Kompleks Istana Presiden Jakarta, Rabu.

Ferry mengatakan peningkatan status administrasi pemerintahan untuk Sebatik itu diharapkan bisa mendorong daerah itu untuk berkembang lebih baik.

"Agar kehidupan berjalan, memberikan kemudahan kalau dia saat ini kan nggak jelas, kalau kota kan ada pembangunan, percepatan, agar lebih cepat dicapai," katanya.

Pengajuan itu, kata Ferry akan disampaikan oleh pemerintah daerah atau Kementerian Dalam Negeri.

"Dia kecamatan (saat ini-red), bagusnya kan dia punya administrasi pemerintahan sendiri. Layanan publiknya lebih mudah dan tidak perlu ke luar pulau," tegasnya.

Selain meningkatkan status administrasi pemerintahan, kawasan perbatasan dan pulau terluar juga akan dibuat sertifikatnya.

"Pertama itu kebijakanya itu harus berasal dari satu tangan apakah Menhan atau Mendagri. Kalau saya hanya suport sertifikasinya," katanya.

Pewarta: Panca Hari Prabowo
Editor: Unggul Tri Ratomo
Copyright © ANTARA 2014