Sport Jabar dipastikan bisa digunakan untuk tempat pertandingan PON XIX/2016, progres pembangunan kawasan itu sudah mencapai 70 persen dan akan tuntas pada 2015,"
Bandung (ANTARA News) - Sentra Pembinaan Olahraga Terpadu (Sport) Jawa Barat di Arcamanik Kota Bandung dipastikan siap digunakan untuk penyelenggaraan PON XIX/2016.

"Sport Jabar dipastikan bisa digunakan untuk tempat pertandingan PON XIX/2016, progres pembangunan kawasan itu sudah mencapai 70 persen dan akan tuntas pada 2015," kata Kepala Dinas Olahraga dan Pemuda (Disorda) Jabar Yudha M Saputra di Bandung, Rabu.

Ia menyebutkan, sarana pertandinganya sudah tuntas dibangun, sedangkan penataan kawasaanya yang membutuhkan "finishing" seperti lapangan parkir dan sarana pendukung lainnya.

Kompleks Sport Jabar selain dilengkapi dengan stadion utama untuk pertandingan sepak bola dan atletik, di kawasan itu juga dibangun GIR Gymnasum, senam, pencak silat, bola voli indoor dan voli pasir, lapangan sofbol serta GOR untuk sejumlah olahraga beladiri.

Rencananya, Kompleks Sport Jabar di Arcamanik Kota Bandung itu akan menjadi tempat menggelar pertandingan atletik, bola voli indoor dan pasir, baseball, kempo, karate, taekwondo dan senam.

"Kawasan itu difokuskan untuk venue PON XIX/2016, jadi belum bisa digunakan untuk ajang yang akan digelar tahun 2016 seperti Popnas 2016 di Jabar," kata Yudha.

Proyek sarana olahraga itu dibiayai dengan anggaran senilai Rp175 miliar dari APBD Jabar yang dilakukan sejak 2012.

Sebelumnya, areal seluas 20 hektar itu merupakan kompleks pacuan kuda. Selain akan digunakan sebagai ajang pertandingan PON XIX/2016 juga ke depan akan dilengkapi dengan wisma atlet dan sekolah khusus olahraga.

Pewarta: Syarif Abdullah
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2014