Berdasarkan laporan sementara, gempa kekuatan 5,8 SR tidak ada menimbulkan rumah rusak maupun korban jiwa,"
Pariaman, Sumbar (ANTARA News) - Gempa bumi dengan kekuatan 5,8 Skala Richter (SR) mengguncang Kabupaten Kepuluan Mentawai, Sumatera Barat, Rabu (17/12) sekitar pukul 13.10 WIB.

"Kami mendapatkan laporan telah terjadi gempa bumi di Mentawai dengan kekuatan 5,8 SR," kata Kepala BPBD Kabupaten Kepuluan Mentawai, Hati Samaura saat dihubungi dari Pariaman, Rabu.

Ia menjelaskan, masyarakat tidak panik ketika terjadi gempa tersebut. Gempa bumi tidak terasa kuat goncangannya, hanya dalam skala kecil.

"Masyarakat ada keluar rumah saat terjadi gempa, namun tidak panik gempa kekuatan 5,8 SR yang mengguncang Mentawai," ujarnya.

Masyarakat sudah terbiasa merasakan gempa. Saat gempa terjadi sempat keluar rumah serta melihat kondisi air laut apakah ada gelombang tsunami akibat gempa," jelas Hati Samaura.

Ia mengatakan, meskipu gempa kekuatan 5,8 SR tidak menimbulkan gelombang tsunami, namun masyarakat diminta untuk tetap waspada.

"Berdasarkan laporan sementara, gempa kekuatan 5,8 SR tidak ada menimbulkan rumah rusak maupun korban jiwa," katanya.

Berdasarkan data Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), gempa bumi dengan kekuatan 5,8 SR terjadi pada pukul 13.10 WIB.

Gempa terjadi pada koordinat 3.88 Lintang Selatan dan 100.07 Bujur Timur. Gempa berpusat 192 Km Tenggara Kabupaten Kepuluan Mentawai dengan kedalaman 10 km. Gempa tidak menimbulkan gelombang tsunami.

Pewarta: Derizon Yazid
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2014