Palembang (ANTARA News) - Tim bulu tangkis putra Indonesia meraih medali perunggu setelah unggul 3-1 dari Singapura dalam Pekan Olahraga Mahasiswa se-ASEAN (ASEAN University Games) 2014 di Palembang, Rabu.

Pada partai tunggal putra pertama, Hermansyah yang membuka pertandingan kalah 16-21 dan 15-21 dari Chen Yongzhao Ashton dalam waktu 35 menit.

Namun, tim Indonesia mampu menyamakan kedudukan 1-1 dari kemenangan ganda Arianto Hariyadi Putra/Rio Willyanto atas pasangan Tan Wei Kiat Aaron/Thng Boon Seong dengan skor 22-20, 16-21, dan 21-14 dalam waktu 45 menit.

Tim Indonesia mampu ungguli tim Singapura 2-1 setelah tunggal putra Febriyan Irvanaldy menundukkan Tan Ching Tat Masahiro dengan skor 21-12 dan 21-13 dalam waktu 29 menit.

Indonesia pun menutup peluang kemenangan Singapura sekaligus mengakhiri pertandingan dengan hasil 3-1 pada partai ganda kedua.

Pasangan Arya Maulana Adiartama/Kevin Sanjaya Sukamulyo mengalahkan pasangan Bin Muhd Abbas Lim Muhammad/Chen Yongzhao Ashton dengan skor 21-19 dan 21-14 dalam waktu 30 menit.

Kemenangan tim bulu tangkis putra Indonesia itu membuktikan ucapan asisten pelatih bulu tangkis mahasiswa Indonesia Teguh Yudiadha tentang kekuatan tim putra Indonesia yang di atas Singapura.

"Sebenarnya fisik para pemain kita sudah banyak yang terkuras pada kejurnas bulu tangkis di Cirebon dan Sirkuit Nasional di Surabaya," kata Teguh tentang kekalahan tim putra Indonesia atas tim putra Malaysia pada Selasa (16/12) malam.

Teguh mengatakan kekuatan tim bulu tangkis Malaysia komplit baik pada tunggal maupun ganda serta dari sisi teknik dan fisik.

"Kalau dari pemain Thailand, kita kalah dari sisi pengalaman. Untuk fisik dan teknik, kita masih sama," kata Teguh.

Sementara, tim bulu tangkis putri Indonesia masih bertanding dalam babak final melawan tim bulu tangkis putri Thailand pada Rabu (17/12) malam.

Pewarta: Imam Santoso
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2014