Damaskus (ANTARA News) - Koalisi anti-teror pimpinan AS melancarkan serangan udara pada Rabu (17/12), dan menewaskan 13 petempur Negara Islam (ISIS) di Kota Bukamal di perbatasan Suriah Timur dengan Irak, kata stasiun TV pan-Arab, Al-Mayadeen.

Serangan tersebut dilancarkan saat tentara Suriah juga bergerak untuk melawan gerilyawan ISIS di Deir Az-Zour, bagian selatan negeri itu, di dekat pangkalan utama militer, garis kehidupan penting tentara pemerintah di provinsi yang kaya akan minyak tersebut, lapor Xinhua.

Stasiun televisi itu melaporkan tentara Suriah merebut Kota Kecil Dughaim di dekat Pangkalan Udara Deir Az-Zour pada Rabu, kata Xinhua.

Masih pada hari yang sama, kelompok oposisi Observatorium Suriah bagi Hak Asasi Manusia menyatakan anggota suku lokal di Deir Az-Zour, Ash-Shuaitat, menemukan kuburan massal yang berisi puluhan mayat rekan mereka yang dibunuh oleh petempur ISIS.

ISIS telah menyerbu banyak daerah Suku Ash-Shuaitat dan melakukan pembantaian terhadap rakyatnya karena menolak untuk menyerahkan diri.

Kelompok teror tersebut telah merebut banyak Wilayah Deir Az-Zour selama beberapa bulan belakangan, dan melucuti hampir semua instalasi minyak dan gas di provinsi penting tersebut dari pasukan pemerintah.

Krisis di Suriah telah bertambah rumit ketika beberapa kelompok fanatik berusaha memperoleh uang konta dalam situasi yang kacau itu guna mewujudkan keinginan mereka merebut wilayah.

Lebih dari 190.000 orang Suriah sejauh ini telah tewas, sementara jutaan orang lagi mengungsi ke berbagai negara tetangga Suriah. (C003)

Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2014