Jakarta (ANTARA News) - Musyawarah Rencana Pembangunan Nasional (Musrenbangnas) di Jakarta, Kamis, akan menghasilkan rancangan akhir Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN) 2015-2019 sebelum ditetapkan menjadi RPJMN 2015-2019 oleh Presiden Joko Widodo melalui Peraturan Presiden pada Januari 2015.

"Setelah mendapat masukan dari berbagai pemangku kepentingan pada Musrenbangnas ini, akan dihasilkan rancangan akhir. Kemudian, rancangan akhir itu akan dibahas di Sidang Kabinet bersama Presiden pada Januari 2015," kata Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN)/Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas) Andrinof A. Chaniago saat menyampaikan laporan Musrenbangnas pada pembukaan Musrenbangnas 2014 di Jakarta, Kamis.

Presiden Joko Widodo akan membuka secara resmi Musrenbangnas 2014. Turut hadir pada Musrenbangnas, jajaran Menteri Kabinet Kerja 2014-2019, dan para gubernur, wali kota, dan bupati dari berbagai wilayah di Indonesia.

Andrinof melaporkan proses penyusunan RPJMN 2015-2019 telah melewati proses penyempurnaan rancangan teknokratik sejak Februari 2014.

Visi dan Misi Presiden Joko Widodo juga, kata Andrinof, telah dimasukkan dalam rancangan awal RPJMN, sebelum rancangan itu dibahas dalam Rakorbangpus dan penyusunan rancangan Rencana Strategis (Renstra) Kementerian dan Lembaga, yang berlangsung pada Oktober hingga November 2014.

Kemudian, penyusunan RPJMN 2015-2019 juga dilanjutkan dengan pelaksanaan Musrenbang Regional di lima wilayah yakni Belitung (wilayah Sumatera), Tarakan (wilayah Kalimantan), Palu (wilayah Sulawesi), Ambon (wilayah Maluku dan Papua), kemudian Lombok (wilayah Jawa, Bali, dan Nusa Tenggara).

Selanjutnya, rancangan dari Musrenbangreg ini akan dibahas di Musrenbangnas pada 18 Desember 2014 ini.

"Selanjutnya pada sidang Kabinet 12 Januari akan dibahas, dan ditetapkan kira-kira pada pekan ketiga Januari melalui Peraturan Presiden," kata Andrinof.

Andrinof mengatakan Musrenbang juga telah dilakukan secara virtual melalui laman www.musrenbangnas.bappenas.go.id. Dalam laman itu terdapat kanal yang dapat dipergunakan masyarakat untuk menyampaikan aspirasinya tentang rencana pembangunan nasional.

Dalam Musrenbangnas hari ini, sesuai informasi resmi dari Bappenas, akan terdapat dialog antara peserta Musrenbangnas yang akan dimoderatori Menteri Andrinof A. Chaniago.

Kemudian, akan terdapat paparan rencana implementasi RPJMN 2015-2019 oleh para Menteri Koordinator. Selanjutnya, Musrenbangnas akan ditutup oleh Wakil Presiden Jusuf Kalla.

Pewarta: Indra Arief Pribadi
Editor: Aditia Maruli Radja
Copyright © ANTARA 2014