Jakarta (ANTARA News) - Nowela Elizabeth Mikhelia Auparay memaknai Natal sebagai momen kebersamaan, namun  Nowela, panggilan populernya, sudah biasa merayakan tanpa keluarga.

"Makna Natal bagiku adalah kebersamaan, saat kumpul-kumpul bersama keluarga, makan-makan, kunjung-kunjung. Tapi aku sudah biasa merayakan Natal mencar sama keluarga," kata Nowela di Jakarta, Kamis.

Tahun ini, misalnya, Nowela lebih memilih melakukan pelayanan dengan tampil menyanyi mengisi acara Natal di beberapa daerah seperti: Papua, Salatiga, Kalimantan, Bandung, Jakarta, dan Nias.

"Aku sempat nanya Mama, apakah aku harus pulang Natal ini atau pelayanan, tapi Mama bilang pelayanan saja. Paling nanti Mama yang ke Jakarta. Kalau keluarga yang lain merayakan di tempat masing-masing, adik ada yang di Ambon, Amerika," katanya.

Terakhir merayakan Natal bersama dengan anggota keluarga yang lengkap, kata Nowela, adalah saat dirinya masih duduk di bangku SMA.

"Kumpul itu mahal banget buat keluarga aku. Kita sudah tak pernah lagi kumpul setelah tahun 2007. Masih suka nangis sih sampai sekarang kalau ingat momen terbesar keagamaan tidak bisa kumpul, tapi sudah biasa. Kita biasa saling mengucapkan selamat lewat telepon saja," katanya.

Pewarta: Ida Nurcahyani
Editor: Aditia Maruli Radja
Copyright © ANTARA 2014