Ternate (ANTARA News) - Anggota DPR RI Syaiful Ruray menyatakan mendukung jika Pemerintah Kota Tidore Kepulauan mengusulkan Tidore menjadi Daerah Otonomi Khusus (Otsus).

"Kami sebagai wakil rakyat asal Maluku Utara di DPR RI memiliki komitmen moral untuk mendukung Tidore menjadi daerah otsus, apalagi kalau dilihat dari sejarah masa lampau, Tidore layak menjadi daerah otsus," katanya di Ternate, Kamis.

Menurut Syaiful, keinginan masyarakat secara luas untuk menjadikan Kota Tidore menjadi daerah otsus sangat beralasan dan tidak sulit untuk merealisasikan keinginan tersebut.

Apalagi, kata politikus Partai Golkar itu, Tidore dengan sejarah yang cukup panjang telah memberikan kontribusi besar bagi keutuhan NKRI.

Di masa lampau, Kesultanan Tidore memiliki luas wilayah sampai di dataran Pulau Halmahera dan Pulau Maluku, di mana Kabupaten Halmahera Timur, Halmahera Tengah sampai di Pulau Seram adalah bagian dari pemerintahan Kesultanan Tidore kala itu. Bahkan, kekuasaannya juga mencakup Papua hingga Papua Nugini.

Syaiful yang juga mantan Ketua DPRD Malut itu menguraikan, wilayah kekuasaan Kesultanan Tidore kini telah dijadikan beberapa daerah yang memiliki pemerintahan sendiri oleh pemerintah pusat, sehingga Tidore tidak lagi memiliki apa-apa.

Oleh karena itu, kata dia, sebagai wujud perhatian yang layak bagi Tidore adalah dengan menetapkannya sebagai daerah istimewa dan otsus, serta dijadikan sebagai simbol budaya di wilayah timur Indonesia.

Pewarta: Abdul Fatah
Editor: Aditia Maruli Radja
Copyright © ANTARA 2014