Kami mendapatkan bantuan alat komunikasi dari Bapak Presiden (Joko Widodo) diserahkan langsung melalui Dirut Telkom saat berkunjung ke Kabupaten Nunukan pada Selasa (16/12),"
Nunukan (ANTARA News) - Presiden Joko Widodo menyerahkan bantuan alat komunikasi kepada prajurit penjaga pengamanan perbatasan Indonesia-Malaysia, yakni Satgas Pamtas Yonif Linuf 433/Julu Siri saat berkunjung ke Kabupaten Nunukan, Kalimantan Utara, pada 16 Desember 2014.

"Kami mendapatkan bantuan alat komunikasi dari Bapak Presiden (Joko Widodo) diserahkan langsung melalui Dirut Telkom saat berkunjung ke Kabupaten Nunukan pada Selasa (16/12)," kata Komandan Satgas Pamtas Yonif Linud 433/Julu Siri, Letkol Inf Agustatius Sitepu di Nunukan, Kamis.

Alat komunikasi yang dibantu Presiden RI ke-7 itu berupa tiga unit telepon satelit untuk keperluan patroli patok perbatasan yang selama ini sulit mendapatkan signal telepon, seperti wilayah Kecamatan Seimenggaris lama dan Kecamatan sebuku.

Kepastian mendapatkan bantuan tersebut bersamaan kunjungan Joko Widodo sepekan sebelum kedatangannya di daerah itu karena jauh hari telah ditanyakan kebutuhan mendesak bagi prajurit Satgas Pamtas.

"Alat komunikasi satelit ini memang sangat kami butuhkan untuk wilayah-wilayah yang belum terjangkau signal telepon utamanya saat patroli patok perbatasan," kata Agustatius Sitepu.

Ia mengemukakan, akibat tidak adanya signal telepon menyebabkan prajuritnya pernah kehilangan kontak dengan markas komando taktis saat melakukan patroli patok. Karena itu, alat komunikasi satelit sangat dibutuhkan.

"Dengan adanya bantuan telepon satelit ini minimal dapat mengetahui keberadaan atau posisi prajurit kami di lapangan saat melakukan patroli patok perbatasan pada masa yang akan datang," ujar dia.

Ketiga telepon satelit ini akan ditempatkan pada pos pamtas di Kecamatan Seimenggaris (Lama), pos penjagaan perbatasan Kecamatan Sebuku dan pos penjagaan Seliku di wilayah Malaysia.

"Kami ucapkan terima kasih kepada bapak presiden karena langsung merealisasikan keluhan prajurit pamtas yang baru disampaikan sekitar sepekan sebelum ke Nunukan tanpa proses panjang," kata Komandan Satgas Pamtas Yonif Linud 433/Julu Siri Makassar, Sulsel ini.

Pewarta: M Rusman
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2014