Namun niat kita yang murni menyebabkan kesalahpahaman yang tidak diinginkan yang akan memperburuk gesekan antar-Korea."
Seoul (ANTARA News) - Satu kelompok Kristen Korea Selatan Kamis membatalkan rencana untuk membangun menara berbentuk pohon Natal baru di dekat perbatasan dengan Korea Utara, karena ketegangan-ketegangan militer yang meningkat.

Dewan Kristen Korea (CCK) berniat untuk membangun struktur di daerah perbatasan militer yang dikuasai dan cahaya dihidupkan pada 23 Desember, dalam sebuah langkah tertentu untuk membuat marah Pyongyang, lapor AFP.

Rencana tersebut telah disetujui oleh otoritas militer Korea Selatan, yang menurunkan menara tua 60 kaki (20 m) di Gimpo - barat Seoul - pada Agustus.

"Pembuatan pohon Natal kami (tower) adalah menjadi acara keagamaan yang bertujuan untuk mempromosikan perdamaian," kata Hong Jae-Chul, seorang pejabat senior CCK, kepada wartawan.

"Namun niat kita yang murni menyebabkan kesalahpahaman yang tidak diinginkan yang akan memperburuk gesekan antar-Korea," tambahnya.

Keputusan untuk tidak melanjutkan pembangunan menara datang saat ketegangan lintas-perbatasan berlangsung tinggi setelah serangkaian pertempuran kecil perbatasan dalam beberapa bulan terakhir.

Menara tua berhias dengan salib raksasa selama musim Natal.

Ateis Utara melihat pertunjukan cahaya itu sebagai tampilan provokatif perang psikologis, dan mengancam akan menembaki menara itu sampai punah.

Kementerian Pertahanan Korsel membongkar menara itu, tetapi mengatakan karena strukturnya berumur 43-tahun tidak stabil dan berbahaya.

Bulan lalu, Korea Utara memperingatkan "dampak bencana" dari setiap upaya untuk membangun kembali struktur yang dibongkar, sementara penduduk lokal di Gimpo menyatakan kekhawatiran serangan artileri Korea Utara.

Meskipun kebebasan beragama diabadikan dalam konstitusi Korea Utara, namun itu tidak ada dalam praktik dan kegiatan keagamaan dibatasi untuk diakui secara resmi kelompok-kelompok yang terkait dengan pemerintah. (AK)

Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2014