Yogyakarta (ANTARA News) - Kepolisian Resor Kota Yogyakarta akan memberlakukan pengaturan lalu lintas buka tutup di Jalan Malioboro hingga Titik Nol Kilometer saat perayaan malam Tahun Baru 2015.

"Kami akan berlakukan sistem buka tutup untuk mengantisipasi kepadatan dan memberikan kesempatan kepada masyarakat untuk merayakan malam tahun baru dengan lebih nyaman di Malioboro," kata Kepala Kepolisian Resor Kota Yogyakarta Kombes (pol) Slamet Santoso di Yogyakarta, Jumat.

Menurut dia, polisi akan melarang kendaraan roda empat melintas di Malioboro mulai pukul 18.00 WIB dan kendaraan roda dua dilarang melintas mulai pukul 21.00 WIB.

Meskipun demikian, kendaraan masih bisa memanfaatkan jalan-jalan sirip untuk akses keluar masuk.

"Pemerintah Kota Yogyakarta juga berencana menempatkan sejumlah toilet portable di sepanjang Malioboro. Mudah-mudahan, tidak ada lagi warga yang pingsan akibat berdesak-desakan saat merayakan tahun baru di Malioboro," kata Slamet.

Kepolisian Resor Kota Yogyakarta akan membuka empat pos pengamanan lalu lintas yang terletak di simpang Jalan Gejayan, Teteg Sepur Malioboro, Titik Nol Kilometer dan di simpang Gembira Loka Zoo.

Total personel yang disiagakan Kepolisian Resor Kota Yogyakarta adalah 900 petugas dan dibantu Satuan Polisi Pamong Praja Kota Yogyakarta, Dinas Perhubungan, TNI dan organisasi kemasyarakatan, serta Pramuka.

"Jika digabung, total personel yang akan mengamankan Natal dan Tahun Baru di Yogyakarta bisa mencapai 1.500 orang," katanya.






Pewarta: Eka Arifa Rusqiyati
Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2014