Jakarta (ANTARA News) - Yoris Sebastian, praktisi kreatif yang memenangi International Young Creative Entrepreneur of the Year 2006 dari British Council di London membagikan tips agar menjadi inovatif.

Dalam buku terbarunya "Biang Inovasi", Yoris mengatakan bahwa inovasi adalah proses kreatif yang menghasilkan perubahan sehingga memberi nilai tambah atau value dari sebuah produk.

Ketika ditanyai bagaimana cara agar menjadi inovatif, Yoris berkata, "Mulai dari yang kecil dulu. Orang kreatif harus siap gagal, makanya lewat yang kecil dulu, pelan-pelan."

"Kita bisa memulai misalnya dengan melihat produk-produk yang ada di sekeliling kita. Banyak produk unik yang sebenarnya merupakan barang biasa, tetapi karena diberi sentuhan inovasi jadi luar biasa."

Yoris mengatakan bahwa pengetahuan adalah penting agar menjadi inovatif.

"Membaca tidak harus komik, novel, buku-buku desain, atau filsafat karena kita tidak tahu dari mana datangnya inspirasi. Mungkin dari koran bekas, siaran TV, atau bungkus gorengan," katanya. "Setelah itu, lakukan riset."

"Industri kreatif itu seperti jackpot, walaupun secuil harus didukung oleh pemerintah," tambahnya lagi kepada Antara baru-baru ini.

Pewarta: Okta Antikasari
Editor: Aditia Maruli Radja
Copyright © ANTARA 2014