Serang (ANTARA News) - Kepolisian Daerah Banten menyiapkan sebanyak 1.250 personel polisi untuk pengamanan Natal 2014 dan Tahun Baru 2015.

"Kami siagakan sekitar 1.250 personel mulai 23 Desember sampai 5 Januari 2015," kata Kepala Kepolisian Daerah (Kapolda) Banten Brigjen Pol M Zulkarnaen di Serang, Jumat.

Ia mengatakan konsentrasi pengamanan dipusat-pusat konsentrasi masa seperti di Pelabuhan Merak dan di objek wisata Anyer.

"Kami akan konsentrasi di pusat-pusat kemacetan seperti Merak dan Pantai Anyer karena biasanya di dua tenpat itu terjadi kemacetan," kata Kapolda.

Menurutnya, gelar pasukan pengamanan natal dan tahun baru di jajaran Polda Banten akan dilaksanakan mulai 23 Desember 2014 sampai 5 Januari 2015.

"Kita siapkan petugas di titik kemacetan itu," katanya.

Menurutnya, kemacetan tersebut disebabkan tingginya volume kendaraan saat hari-hari tertentu seperti pada libur tahun baru. Tingginya volume kendaraan belum sebanding dengan infrastrukur jalan di Banten, sehingga terjadi kemacetan.

"Kami upayakan nanti untuk mengurai kemacetan seperti menyiapkan pagar betis berupa personel yang bersiaga disetiap tikungan dan pasar," kata Zulkarnaen.

Pihaknya juga mengimbau kepada masyarakat yang akan berlibur, untuk memeriksa dan mengamankan fasilitas yang ada di rumahnya supaya tidak menjadi sasaran perampok dan juga mengantisipasi kebakaran atau gangguan lainnya.

Pihaknya juga menghimbau masyarakat yang ingin melakukan aktifitas wisatanya di libur akhir tahun, agar tetap menaati peraturan perundang-undangan lalu lintas, sehingga tidak menimbulkan macet maupun kecelakaan saat berkendaraan.

Pewarta: Mulyana
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2014