Roma (ANTARA News) - Virna Lisi, aktris Italia terkenal dan pemenang berbagai penghargaan, meninggal Kamis di Roma pada usia 78, kata media lokal.

Selama karirnya yang dimulai saat remaja pada tahun 1953, Lisi memainkan peran mengesankan dalam film-film Eropa dan Hollywood, menerima banyak penghargaan termasuk karir Golden Globe pada tahun 2004 dan dua David di Donatello Career Awards pada tahun 1996 dan 2009.

Lisi pada tahun 1994 memenangkan hadiah Prix Dinterpretation Feminin di Festival Film Cannes dengan penampilannya sebagai ratu jahat Caterina de Medici di "La Reine Margot oleh sutradara Prancis Patrice Cereau.

Lisi, yang awalnya memulai karirnya juga berkat penampilan yang menakjubkan, memainkan bagian yang makin penting dalam film Italia, yang dibintangi bersama aktor terkenal seperti Alain Delon dan Marcello Mastroianni.

Pada tahun 1965, aktris bermata biru, berambut pirang itu memulai karirnya di Hollywood, bermunculan dari kue pengantin pada tahun 1965 dalam komedi klasik "How To Murder Your Wife" oleh aktor Amerika dan sutradara film Richard Quine.

Namun pada akhir tahun 1960 ia melanggar kontrak tujuh tahun dengan Paramount dan kembali ke Eropa, di mana ia berjuang untuk menemukan peran yang cocok dengannya. Baru-baru ini, karirnya sebagian besar terlibat serial TV Italia.

Lahir di Ancona, sebuah kota di Italia tengah, Lisi telah didiagnosis kanker yang tidak ditentukan sebulan yang lalu, demikian Xinhua.

(H-AK)

Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2014