Bangkok (ANTARA News) - Tiongkok pada Jumat sepakat membangun rel kereta ganda sepanjang 867 km di Thailand.

Kedua negara menandatangani nota kesepahaman (MoU) di sela-sela pertemuan puncak regional yang digelar di Bangkok pada Jumat.

"Tiongkok akan bertanggung jawab terhadap konstruksi dan pembangunan jaringan kereta api. Sementara Thailand menyiapkan landasan bagi proyek tersebut," kata Menteri Transportasi Thailand, Prajin Junthong kepada sejumlah wartawan.

Jalur ganda yang pertama akan merentang 734 km dari kota Nong Khai yang berbatasan dengan Laos sampai kawasan industri bagian selatan. Sebelumnya Tiongkok juga akan membangun rel kereta dari Kunming melalui Laos. Rencananya, dua jalur tersebut akan disatukan.

Menurut Prajin Junthong,  mulai 2016 Tiongkok juga akan membangun rel kereta sepanjang 133 km yang menghubungkan Bangkok dengan Provinsi Saraburi.

Prajin tidak memberikan perincian lebih jauh soal berapa biaya yang harus dikeluarkan oleh pemerintah Thailand untuk menyelesaikan proyek ambisius itu.

Namun pada awal bulan ini, badan legislatif Thailand yang dipenuhi oleh anggota militer mengesahkan kesepakatan awal dengan Tiongkok.

Dalam dokumen pengesahan disebutkan angka sekitar 350 miliar baht atau sekitar Rp134,3 triliun.

(Uu.G005)

Editor: Aditia Maruli Radja
Copyright © ANTARA 2014