Jakarta (ANTARA News) - Dirut baru PT Telekomunikasi Indonesia Tbk Alex J Sinaga mengatakan siap membawa perusahaan menjadi korporasi kelas dunia.

"Industri telekomunikasi itu tanpa batas, jadi kita harus menjadi pemain global," kata Alex usai Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa (RUPSLB) Telkom, di Jakarta, Jumat.

Menurut Alex, program pertama di bidang layanan seluler Telkom melalui anak usahanya PT Telkomsel berhasil mengembangkan bisnis digital melalui percepatan pembangunan infrastruktur.

"Telkomsel juga sudah mengkomersialkan layanan seluler 4G LTE yang pertama di Indonesia. Ini menempatkan Indonesia sejajar dengan negara-negara lain di dunia yang mengadopsi teknologi 4G," ujarnya.

Program kedua, pengembangan program Indonesia Digital Network (IDN), tidak hanya membangun infrastruktur telekomunikasi, tetapi juga siap menggelar infrastruktur jaringan serat optik menghubungkan belahan dunia.

Telkom turut serta dalam pembangunan sistem komunikasi kabel laut internasional yang menghubungkan Indonesia ke negara-negara belahan Barat hingga Eropa melalui Konsorsium South East Asia-Middle East-Western Europe 5 (SEA-ME-WE 5).

Selanjutnya konsorsium South East Asia-United States (SEA-US) yang menghubungkan Indonesia ke belahan Timur hingga Amerika.

"Telkom juga sudah mengantongi rencana pembangunan jaringan kabel laut yang diberi nama "Indonesia Global Gateway" guna menghubungkan SEA-ME-WE 5 dengan SEA-US, proyek besar kabel laut berskala dunia ini melengkapi infrastruktur internasional yang telah dimiliki sebelumnya," ujarnya.

Program ketiga, mengembangkan bisnis internasional melalui ekspansi ke 10 negara, dimana hingga kini telah menjalankan bisnisnya di Singapura, Hongkong, Timor Leste, Australia, Myanmar, Malaysia, Taiwan, Macau, USA dan Saudi Arabia.

"Dengan tiga program utama itu, ditambah dengan penguatan bisnis yang sudah dijalankan, maka kontribusi Telkom kepada pemegang saham akan lebih besar, serta mampu menjadi pendorong pertumbuhan ekonomi nasional," ujarnya.

Alek J Sinaga terhitung 19 Desember 2014 ditetapkan menjadi Direktur Utama Telkom periode 2014-2019 menggantikan dirut sebelumnya Arief Yahya.

Alex J Sinaga sebelumnya adalah Direktur Utama PT Telkomsel anak usaha Telkom sejak Mei 2012.

Alex Sinaga lahir di Pematang Siantar, 27 September 1961, lulus S1 Fakultas Teknik Elektro Telekomunikasi ITB tahun 1986.

Selanjutnya pada tahun 1994 meraih gelar Master bidang Telematika dari University of Surrey Guldford, Inggris.

Pewarta: Royke Sinaga
Editor: Aditia Maruli Radja
Copyright © ANTARA 2014