Bandung (ANTARA News) - PTKA Daop II Bandung mulai mengoperasikan KA tambahan Lodaya Pagi dan Lodaya Malam pada Jumat (19/12).

"Ya KA Lodaya pagi dan KA Lodaya malam tambahan angkutan Natal dan Tahun Baru mulai dioperasikan hari ini," kata Kepala Humas PTKA Daop II Bandung Zunerfin di Bandung, Jumat.

Menurut Zunerfin, kedua rangkaian KA tambahan jurusan Bandung - Solo Balapan itu diberangkatkan setelah jam pemberangkatan KA reguler.

Untuk angkutan akhir tahun ini, pihaknya mendapat tabahan empat rangkaian KA Lodaya, masing-masing dua stamformasi KA Lodaya Pagi dan dua stamformasi KA Lodaya malam.

"Tambahan hanya untuk KA komersial, sedangkan untuk KA ekonomi tidak ada tambahan rangkaian KA, kecuali penambahan kereta saja," kata Zunerfin.

Kedua KA tambahan itu akan dioperasikan hingga 5 Januari 2015 atau batas akhir operasi layanan angkutan Natal dan Tahun Baru 2015.

"Sebagian pemberangkatan khususnya pada masa puncak sudah penuh, namun untuk beberapa pemberangkatan masih ada tiket, termasuk KA tambahan," katanya.

Selain itu, penambahan rangkaian kereta juga dilakukan untuk KA jurusan Bandung - Gambir (Jakarta) khususnya untuk KA fakultatif. Arus liburan yang menggunakan KA itu diprediksi juga akan meningkat.

Pewarta: Syarif Abdullah
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2014