Paris (ANTARA News) - Standard & Poors menurunkan peringkat kreditnya untuk Ukraina pada Jumat menjadi CCC- dengan prospek negatif, memperingatkan bahwa cadangan devisa yang rendah membahayakan dapat mendorong gagal bayar (default) dalam beberapa bulan mendatang.

"Prospek negatif mencerminkan pandangan kami tentang meningkatnya risiko itu, tanpa dukungan keuangan tambahan, Ukraina mungkin akan gagal bayar pada kewajibannya," kata lembaga pemeringkat kredit itu, seperti dikutip AFP.

Ukraina terlibat dalam perang dengan separatis yang didukung Rusia di wilayah industri utamanya dan sebelumnya telah kehilangan kendali atas provinsi strategis Krimea kepada Rusia.

Pemerintah di Kiev telah memohon bantuan internasional untuk menyelamatkannya dari krisis ekonomi, tetapi kreditur Barat bersikeras mensyaratkan reformasi sulit, terutama dalam menanggulangi korupsi -- langkah yang telah menjadi lebih sulit untuk dicapai dalam situasi perang.

S&P mengatakan penundaan bantuan IMF tahun ini, bersamaan dengan "berkurangnya cadangan devisa resmi secara signifikan, meningkatkan risiko bahwa pemerintah Ukraina mungkin tidak dapat memenuhi kewajibannya."

"Sebuah gagal bayar bisa menjadi tak terelakkan dalam beberapa bulan ke depan jika keadaan tidak berubah, misalnya jika dukungan keuangan tambahan internasional tidak datang," kata S&P.

(Uu.A026)

Editor: Heppy Ratna Sari
Copyright © ANTARA 2014