Jadi kehadiran partai politik itu tidak hanya untuk menjadi jembatan pemilihan kepala daerah atau media ajang perebutan kekuasaan. Yang terpenting memberikan edukasi kepada masyarakat,"
Kendari (ANTARA News) - Wakil Ketua MPR RI, Hidayat Nur Wahid, menyatakan, kehadiran dan keberadaan partai wajib untuk memberikan pendidikan politik kepada masyarakat sebagai kewajiban partai itu.

"Jadi kehadiran partai politik itu tidak hanya untuk menjadi jembatan pemilihan kepala daerah atau media ajang perebutan kekuasaan. Yang terpenting memberikan edukasi kepada masyarakat," kata Hidayat Nur Wahid, di Kendari, Sabtu.

Menurut dia, masyarakat kita saat ini masih banyak yang salah tafsirkan esensi dari politik, sehingga ikut mencela proses perpolitikan yang ada saat ini.

"Kalau pengetahuan politik masyarakat kita sudah bagus, maka akan menunjang terciptanya nilai-nilai demokrasi yang diidam-idamkan yakni dari rakyat oleh rakyat dan untuk rakyat," katanya.

Menurut politisi PKS ini, kehadiran PKS harus dirasakan oleh masyarakat sebagai elemen yang ikut mencerdaskan kehidupan bangsa.

"Salah satu yang bisa dilakulan partai adalah mewadahi masyarakat agar bisa mendapatkan pencerahan tentang kebangsaan dan nasionalisme," katanya.

Keberadaan Hidayat Nur Wahid di Kendari, dalam rangka menghadiri Dialog Kebangsaan yang dilakukan Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) PKS Sultra, yang dihadiri kader PKS se Sultra.

Selain Hidayat Nur Wahid, hadir Fahri Hamzah yang merupakan wakil ketua DPR RI.

Pewarta: Suparman
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2014